Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Diminta Konsultasi dengan DPR

Kompas.com - 19/07/2012, 18:09 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia diminta berkonsultasi terlebih dulu dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat sebelum memberikan bantuan pinjaman kepada International Monetery Fund atau IMF. Meski bisa mengucurkan tanpa berkonsultasi dengan Dewan, langkah konsultasi dinilai diperlukan agar tidak menimbulkan polemik di kemudian hari.

"Supaya ini tidak menimbulkan kekisruhan di belakang hari, lebih baik BI membicarakannya terlebih dulu dengan Komisi XI," kata Wakil Ketua DPR Bidang Ekonomi dan Keuangan Anis Matta di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis ( 20/7/2012 ).

Anis menilai positif langkah Indonesia yang akan membantu IMF. Pasalnya, Indonesia pernah dibantu ketika krisis moneter tahun 1998 . Apalagi, kata dia, bantuan itu tidak diambil dari APBN.

"Sepanjang tidak gunakan APBN, saya kira tidak ada masalah. Itu kan sama saja dengan BI mengintervensi pasar," pungkas Sekretaris Jenderal PKS itu.

Seperti diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa memastikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada IMF. Dana yang akan diberikan sebesar 1 miliar dollar AS. Indonesia berharap IMF tak hanya menggunakan pinjaman ini untuk membantu negara-negara di Eropa, tetapi juga di Asia dan Afrika.

Hatta beralasan, bantuan yang digunakan untuk mengatasi krisis di Eropa turut memiliki implikasi bagi perekonomian nasional. "Bantuan itu penting agar ekonomi dunia sehat. Kalau ekonomi sehat, semua menjadi sehat, termasuk Indonesia. Kalau situasi semakin memburuk, maka pertumbuhan kita terganggu," kata Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com