2 Anggota KPU Dipanggil Bareskrim Besok

Kompas.com - 11/10/2011, 16:55 WIB
Penulis Nina Susilo
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mendengar dirinya ditetapkan sebagai tersangka, Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary menduga kasus yang melibatkannya adalah gugatan hasil penghitungan suara pemilihan anggota DPR dari daerah pemilihan Maluku Utara.

Untuk kasus yang dilaporkan caleg gagal dari Partai Hanura, Muhammad Syukur Mandar, dua anggota KPU Endang Sulastri dan Abdul Aziz diperiksa Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri mulai besok.  

"Kami belum tahu persis kasus yang disangkakan, tetapi memang dua anggota KPU dipanggil Bareskrim. Bu Endang tanggal 12 Oktober dan Pak Aziz tanggal 13 Oktober," tutur Hafiz kepada wartawan, Selasa (11/10/2011).  

Selain itu, Bareskrim menyurati Ketua KPU. Melalui surat itu, Bareskrim meminta Hafiz memastikan Endang dan Aziz menghadiri pemanggilan itu.

Salah seorang staf Sekretariat KPU, Supriyatna, juga diperiksa Bareskrim siang ini.  Dalam surat panggilan disebutkan bahwa pemeriksaan terkait laporan Syukur Mandar tanggal 4 Juli 2011.

Dalam laporannya, lima anggota KPU disebut melakukan tindak pidana pemalsuan surat sertifikat hasil pemilu, dan memberikan keterangan palsu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.