Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Antikorupsi di Monas Tanpa KPK

Kompas.com - 09/12/2008, 10:05 WIB

Laporan Wartawan Kompas Wisnu Nugroho A

JAKARTA, SELASA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Selasa (9/12). Namun, dalam peringatan itu Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar tidak hadir di antara sekitar 10.000 undangan yang memenuhi lapangan Monas.

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia diselenggarakan dengan panitia Kejaksaan Agung yang merupakan bagian dari pemerintah. KPK yang dibentuk khusus untuk pemberantasan korupsi bukan bagian dari pemerintah.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPK memiliki agenda acara tersendiri, yakni Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2008 di Balai Kartini yang juga digelar untuk peringatan Hari Antikorupsi Sedunia.

Dalam acara di Monas ini Antasari hanya muncul sekali dalam video yang diputar untuk memaknai acara yang dihadiri ribuan anak-anak sekolah di Jakarta. Antasari muncul setelah Kepala Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dan Jaksa Agung Hendarman Supandji.

Dalam kemunculannya, Antasari berujar tentang hambatan pemberantasan korupsi. Antasari mengimbau agar semua pihak tidak memberi suap, tidak melakukan pemerasan, dan tidak melakukan tindakan yang merugikan negara lewat korupsi.

Peringatan ditandai dengan seruan kampanye kejaksaan "Saatnya Utamakan Kejujuran". Jaksa Agung Hendarman Supandji dalam laporan kepada Presiden dan semua undangan mengemukakan, "Sudah saatnya utamakan kejujuran. Bersama kita tegakkan keadilan. Bersama kita ciptakan keadilan."

Seruan Hendarman disambut tepuk tangan meriah, termasuk Presiden, yang memakai batik lengan panjang warna biru. Pada Pemilu Presiden 2004 SBY-JK menggunakan slogan kampanye "Bersama Kita Bisa".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com