Salin Artikel

Yusril Bilang KIM Belum Pernah Gelar Pertemuan Formal Bahas Kabinet Prabowo

Sampai saat ini, pembicaraan itu masih bersifat informal.

“Belum pernah ada pertemuan koalisi secara resmi membahas sesuatu topik. Tapi, pembicaraan-pembicaraan informal para tokoh mungkin saja dilakukan,” ujar Yusril ditemui di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Ia pun mengaku sempat bertanya pada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani tentang rapat resmi koalisi membahas kabinet mendatang.

Namun, Muzani menjawab perbincangan itu belum dilakukan.

Di sisi lain, Yusril mengaku pernah dimintai pendapat oleh calon presiden pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Prabowo Subianto soal penjajakan untuk mengajak partai politik (parpol) di luar KIM untuk bergabung.

“Pak Prabowo sih pernah juga sambil acara bulan puasa kemarin atau halalbihalal (tanya),’Prof, ini bagaimana kalau yang lain-lain juga kita ajak bergabung bersama-sama?’” cerita Yusril.

“Kemungkinan pihak-pihak yang berada di luar koalisi juga diajak bergabung ke koalisi. Itu memang pernah ada,” kata dia.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa pembicaraan tentang kabinet setelah proses sengketa Pilpres 2025 di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai.

“Persis setelah putusan MK ini, mungkin sudah saatnya, barang kali Pak Prabowo untuk membicarakan format kabinet yang akan datang,” kata Yusril.

https://nasional.kompas.com/read/2024/04/18/06344771/yusril-bilang-kim-belum-pernah-gelar-pertemuan-formal-bahas-kabinet-prabowo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke