Salin Artikel

Sikapi "Quick Count" Litbang "Kompas", Nasdem Proyeksikan Naik Kelas ke Ranking 3 Parlemen

Dia menyebut bahwa Nasdem memproyeksikan berada di posisi nomor tiga di parlemen. Keyakinan itu disampaikan Taslim melihat hasil quick count atau hitung cepat yang terekam dalam jajak pendapat Litbang Kompas dengan data yang sudah masuk 60,80 persen .

Berdasarkan data hitung cepat sementara itu, Nasdem memperoleh 9,35 persen suara.

"Ya, kalau posisi kami, kami proyeksikan kami naik kelas dari posisi sekarang, ranking empat setidaknya nomor tiga," kata Taslim dalam acara "Satu Meja The Forum" yang ditayangkan Kompas TV, Rabu (14/2/2024) malam.

Taslim mengatakan, partainya juga sudah mendapatkan gambaran berapa kursi tambahan di parlemen yang akan didapat pada periode 2024-2029.

Menurut dia, jika merujuk quick count Litbang Kompas, maka Nasdem akan memiliki kursi parlemen dari setiap daerah pemilihan (dapil).

Taslim mengungkapkan, kondisi tersebut berbeda dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Saat itu, Nasdem tidak memperoleh kursi parlemen di dapil Kalimantan Selatan.

"Kami akan dapat tambahan kursi dari Kalimantan Selatan yang sekarang kosong. Banten, DKI, Sumatera Barat, Aceh, dan Riau, ini daerah daerah yang kemarin (Pileg 2019) hanya, DKI dapat satu (kursi), Sumatera Barat dapat satu, kami perkirakan semua dapil akan dapat (kursi parlemen)," ujar Taslim.

Lebih lanjut, Taslim tidak menjawab tegas perihal posisi Nasdem apakah nantinya akan berada di kekuasaan pemerintah atau justru di dalam kekuasaan pada periode 2024-2029.

Menurut dia, Nasdem akan memutuskan posisi setelah melihat perkembangan dinamika politik hasil Pemilu 2024.

"Kalau hasil ini legitimate, semua mungkin terjadi kita bisa berdialog dengan siapa saja," kata Taslim.

Bahkan, Nasdem membuka peluang adanya dialog antara Ketua Umum Surya Paloh dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Begitu pula, Nasdem dikatakan membuka kemungkinan adanya dialog antara Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto.

"Kita prinsipnya silaturahmi itu sebuah keniscayaan, kita terbuka untuk dialog, nanti kita pilih yang terbaik buat bangsa," ujar Taslim.

Keempat besar partai politik yang memimpin perolehan suara tersebut yaitu, PDI-P dengan 17,30 persen, Golkar 14,63 persen, Gerindra 13,70 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebesar 11,45 persen.

Sementara itu, Partai Nasdem menempati posisi kelima dengan perolehan angka 9,35 persen.

Quick Count Litbang Kompas dalam Pemilu 2024 menggunakan metodologi stratified random sampling dan memiliki margin of error sebesar 1 persen.

Proses quick count ini dibiayai secara mandiri oleh Harian Kompas.

Hasil quick count ini bukanlah hasil resmi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melakukan rekapitulasi suara secara berjenjang dari Kamis (15/2/ 2024) hingga Rabu (20/3/2024).

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/15/10133811/sikapi-quick-count-litbang-kompas-nasdem-proyeksikan-naik-kelas-ke-ranking-3

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke