Salin Artikel

Menurut Ganjar, Mahfud Akan Bahas Distribusi Pupuk pada Debat Cawapres

Hal tersebut dibeberkan oleh pasangan Mahfud, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo usai ditanya awak media di Magetan, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024) malam.

"Besok debatnya Pak Mahfud saya kira pas ya, mungkin di seluruh tempat di Indonesia yang kita kunjungi, pupuk menjadi persoalan serius ya," kata Ganjar saat ditemui usai berdialog dengan masyarakat Magetan, Kamis malam.

Persoalan yang dimaksud, lanjut Ganjar, adalah belum tercukupinya alokasi pupuk untuk petani.

Bahkan, menurut Ganjar, para petani juga mengeluhkan terkait subsidi pupuk yang justru hanya untuk beberapa komoditas.

"Dari sekian komoditas, sekarang hanya sedikit yang diberikan subsidi. Dan ternyata dari sedikit diberikan subsidi, itu pun kurang," tutur dia.

Melihat hal tersebut, Ganjar merasa persoalan petani perlu diangkat oleh Mahfud dalam debat Minggu besok.

Pasalnya, menurut Ganjar, hal ini jelas merembet kepada persoalan ketahanan pangan di Indonesia.

"Kalau kita bicara ketahanan pangan, darurat pangan, salah satu yang kita bicarakan adalah politik pupuk. Ini yang mungkin disampaikan nanti dalam perdebatan yang berikutnya," ucap politikus PDI-P ini.

Sekadar informasi, debat keempat pilpres yang diikuti oleh kandidat cawapres dilaksanakan di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu.

Ada tiga cawapres yang ikut debat, yaitu cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Komisioner KPU RI August Mellaz menjelaskan sejumlah alasan JCC dipilih kembali untuk penyelenggaraan debat Pilpres.

"Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena availability tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," ujar August, Senin (15/1) malam.

https://nasional.kompas.com/read/2024/01/19/06513931/menurut-ganjar-mahfud-akan-bahas-distribusi-pupuk-pada-debat-cawapres

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke