Salin Artikel

LSI: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Merosot, Suara Lari Ke Prabowo-Gibran

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengatakan, kenaikan elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagian bersumber dari penurunan suara Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan, berdasarkan temuan LSI, elektabilitas Prabowo-Gibran meroket dari 35,9 persen pada Oktober lalu menjadi 45,6 persen Desember.

Sementara, elektabilitas Ganjar-Mahfud sebagai capres-cawapres nomor urut 3 merosot dari 26,1 persen menjadi 23,8 persen.

“Sebagian dari kenaikan Prabowo itu berasal dari penurunan suara Ganjar,” kata Djayadi dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Minggu (10/12/2023).

Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tidak terkena dampak negatif sebagai akibat kenaikan elektabilitas Prabowo-Gibran.

Elektabilitas Anies-Muhaimin bahkan mengalami kenaikan dari 19,6 persen menjadi 22,3 persen atau berada di posisi membayangi Ganjar-Mahfud.

“Anies tidak mendapatkan dampak negatif  dari kenaikan Prabowo, malah mengalami kenaikan,” ujar Djayadi.

Selain faktor merosotnya suara Ganjar-Mahfud, LSI juga melihat kenaikan elektabilitas Prabowo-Gibran karena terdapat penurunan jumlah responden yang pada Oktober lalu belum menyatakan pilihan.

Saat itu, sebanyak 18,3 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab akan memilih capres-cawapres dengan nomor urut berapa.

Namun, hasil survei Desember menunjukkan jumlah responden yang tidak tahu atau tidak menjawab tinggal 8,3 persen.

“Jadi yang pada Oktober lalu belum menentukan pilihan pada saat ini banyak pindah ke Prabowo,” jelas Djayadi.

Adapun survei ini digelar pada Desember melalui sambungan telepon terhadap 1.426 responden.

Sampel dipilih secara acak melalui random digit dialing (RDD) atau memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Margin of error survei ini sekitar 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen asumsi random sampling.

https://nasional.kompas.com/read/2023/12/10/19280001/lsi-elektabilitas-ganjar-mahfud-merosot-suara-lari-ke-prabowo-gibran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke