Salin Artikel

Ajak Doakan Keselamatan Rakyat Palestina, Gerindra: Mereka yang Pertama Akui Kemerdekaan Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengingatkan bahwa Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Muzani menyampaikan itu saat menghadiri acara Gerakan Muslim Indonesia Raya (GEMIRA) Jawa Tengah Bersolawat, di Alun-alun Kabupaten Demak, Kamis (16/11/2023).

Muzani meminta agar masyarakat dapat mendoakan rakyat Palestina yang saat ini masih dibayangi ketakutan akibat agresi militer Israel di wilayah Gaza.

"Ini adalah sebuah kesungguhan bangsa Indonesia dan umat Islam serta pemerintah Indonesia untuk ikut menjaga ketertiban dunia. Kita bersyukur masyarakat kita hari ini bersatu menjaga ukhuwah islamiyah. Tidak mungkin kita berkumpul bersolawat apabila tidak ada persatuan dan kerukunan di antara kita," ujar Muzani dalam keterangannya.

Muzani kemudian mengungkit peran Palestina di dalam mendukung kemerdekaan Indonesia. Saat itu, Palestina menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan serta kedaulatan Indonesia.

Kini, Palestina sedang membutuhkan bantuan Indonesia akibat perang antara Israel dan Hamas di Gaza.

"Ketika Indonesia merdeka 1945, lalu satu tahun kemudian 1946, Palestina adalah negara pertama yang mengakui kedaulatan dan kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka adalah saudara-saudara kita yang saat ini sedang kesulitan," tuturnya.

"Saat ini saudara-saudara kita di Palestina membutuhkan bantuan kita. Kita panjatkan doa sambil bersolawat untuk keselamatan saudara kita di Palestina," sambung Muzani.

Sementara itu, Muzani berharap menjelang tahun politik ini masyarakat harus tetap guyub meski berbeda pilihan.

Perbedaan pilihan politik, kata dia, adalah hal yang biasa di alam demokrasi.

"Maka itu menjelang tahun politik, meski kita berbeda pilihan kita harus tetap jaga kebaikan, jaga persatuan. Jika tetangga kita ada berbuat kurang baik maka kita harus tetap berbuat baik. Solawat adalah cara kita untuk menjaga kebersamaan, semua merasa masa depan kita akan lebih baik dengan kita menjaga solawat kita," imbuhnya.

https://nasional.kompas.com/read/2023/11/17/13273011/ajak-doakan-keselamatan-rakyat-palestina-gerindra-mereka-yang-pertama-akui

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke