Salin Artikel

2 Kali Diperiksa, Firli Bahuri Bantah Peras Syahrul Yasin Limpo

Dalam keterangan tertulisnya, Firli juga menyatakan tidak ada barang sitaan yang berkaitan dengan kasus dugaan pemerasan tersebut ketika Polri menggeledah rumahnya.

Penggeledahan itu diketahui terjadi pada 26 Oktober 2023 di Villa Galaxy, Bekasi. Sedangkan di Rumah Sewa di Kertanegara 46, Jakarta Selatan, terdapat tiga barang yang disita, berupa kunci dan gembok gerbang, dompet warna hitam, serta kunci mobil keyless.

"Saya Firli Bahuri menyatakan bahwa tidak pernah ada kegiatan memeras, gratifikasi dan suap. Pada saat dilakukan penggeledahan di rumah Firli Bahuri, tidak ditemukan benda sitaan terkait penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian RI pada tahun 2020 sampai 2023," kata Firli Bahuri dalam keterangannya, Jumat (17/11/2023).

Firli lantas mengatakan tidak pernah bersikap mangkir dari pemanggilan Penyidik Polda Metropolitan Jakarta Raya (PMJ) karena semua disampaikan secara komunikatif dan informatif. Ia juga selalu berada di wilayah hukum Indonesia.

Lebih lanjut, Firli mengaku telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sesuai permintaan penyidik Polda Metro Jaya melalui Biro hukum KPK.

Ia juga menyatakan akan selalu kooperatif bersama dengan pimpinan KPK yang lain untuk kebutuhan penegakan hukum. Sehingga, kasus dugaan pemerasan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

"Saya dalam status sebagai Warga Negara Indonesia yang memiliki hak asasi atas kepastian hukum, meminta segera terbitnya keadilan tersebut, karena menunda keadilan adalah ketidakadilan," ujar Firli.

Sebagai informasi, Firli Bahuri terjerat dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo. Pasalnya, munculnya foto pertemuan Firli dan Syahrul di lapangan badminton.

Firli Bahuri diketahui telah menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri untuk kedua kali pada 16 November 2023.

Pantauan Kompas.com, Firli keluar dari pintu Gedung Rupatama Mabes Polri. Gedung Rupatama sendiri memiliki akses untuk menuju ke Gedung Bareskrim.

Firli Bahuri terpantau memakai batik coklat dengan masker, kemudian menaiki mobil Hyundai warna hitam berpelat B 1917 TJQ. Sambil bersandar di dalam mobil, ia berupaya menyembunyikan badannya dari jendela kaca mobil.

Di situ, Firli Bahuri juga turut menyembunyikan wajahnya dengan tangan dan tas berwarna hitam.

https://nasional.kompas.com/read/2023/11/17/08235851/2-kali-diperiksa-firli-bahuri-bantah-peras-syahrul-yasin-limpo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke