Salin Artikel

Gerindra Sebut Erick Thohir Legawa Tak Jadi Cawapres Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerima keputusan tak menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ia mengatakan, Erick sejak awal tak mempersoalkan jika ada figur lain yang dipilih menjadi pendamping Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya rasa Pak Erick Thohir itu memang sejak awal juga legawa ya, karena memang waktu itu siapa pun yang dipilih, Pak Erick itu sudah ngomong akan tetap membantu dan berkomitmen membantu,” ujar Dasco di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Dasco menambahkan, tak ada persoalan serius antara Prabowo dan Erick setelah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dipilih menjadi bakal RI-2 KIM.

“Jadi saya rasa soal terpilih, enggak terpilih, bukan permasalahan yang serius,” ucapnya.

Di sisi lain, Dasco menekankan, tak perlu mengajak Erick untuk menjadi tim sukses Prabowo-Gibran. Sebab, Erick sejak awal sudah terlibat dalam proses pemenangan Prabowo.

“Sejak awal Pak Erick sudah bersama-sama dengan kita, ikut mendesain dan segala macam. Sehingga ya kita enggak perlu ngajak lagi, kan dia bukan orang luar,” imbuh dia.

Diketahui Erick sempat menjadi figur yang masuk dalam kandidat bacawapres Prabowo.

Ia sempat didorong oleh Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengisi kursi bakal RI-2 KIM. Namun, akhirnya KIM sepakat memasangkan Prabowo dengan Gibran.

Adapun saat ini, KIM baru mengumumkan mantan Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani menjadi ketua tim sukses Prabowo-Gibran.

Adapun pada Pilpres 2024, terdapa tiga pasangan yang mendaftar. Mereka adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Prabowo-Gibran diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora, Partai Garuda, Prima, dan PSI.

Kemudian, Ganjar-Mahfud diusung PDI-P, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura. Sedangkan Anies-Cak Imin diusung Partai Nasdem, PKB, dan PKS.

https://nasional.kompas.com/read/2023/10/31/16111061/gerindra-sebut-erick-thohir-legawa-tak-jadi-cawapres-prabowo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke