Salin Artikel

Jokowi Akan Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas Besok

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan, Presiden Joko Widodo akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Adapun waktu upacara diagendakan mulai pukul 06.30-08.35 WIB.

"Pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 dapat kami sampaikan dilaksanakan di sisi selatan lapangan Monas, Jakarta. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo," kata Yudian dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2023).

Yudian menyampaikan, komandan upacara pada esok hari adalah Direktur Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Polisi Alfian Nurrizal.

Sementara itu, yang bertindak sebagai perwira upacara adalah Komando Garnisun Tetap (Kaskogartap) I/Jakarta Brigjen TNI Arkamelvi Karmani.

Yudian menuturkan, upacara peringatan hari lahir Pancasila ini akan melibatkan lebih dari 4.000 orang.

"Terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas, dan panitia upacara," beber Yudian.

Lebih lanjut, Yudian menyebut, tema peringatan hari lahir Pancasila tahun ini adalah gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Menurut Yudian, tema Ini mengandung arti bahwa momentum peringatan hari lahir Pancasila menjadi pemantik bagi Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia.

"Sudah saatnya kita berupaya mengaktualisasi Pancasila di tengah masyarakat. Sudah tentu membutuhkan proses sosialisasi yang terencana, sistematis, dan berkelanjutan. Inilah yang menjadi perhatian utama BPIP," kata dia.

BPIP telah membentuk tim gotong royong melalui keputusan Kepala BPIP Nomor 38 Tahun 2023 tentang Panitia Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Tim dibentuk untuk menyukseskan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

BPIP telah menyelenggarakan sejumlah rangkaian kegiatan peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023.

Pertama, yaitu kirab Pancasila pada 28 Mei 2023, hingga virtual Pancasila Expo pada tanggal 28 Mei-18 Agustus 2023.

https://nasional.kompas.com/read/2023/05/31/13350641/jokowi-akan-jadi-inspektur-upacara-hari-lahir-pancasila-di-monas-besok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke