Salin Artikel

Rommy: Megawati dan Kami Sepakat Putuskan Cawapres Setelah Formasi Parpol Pengusung Ganjar Komplit

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau Rommy mengungkapkan, partainya dan PDI Perjuangan sepakat membahas nama calon wakil presiden untuk Ganjar Pranowo setelah komplit partai yang ingin bekerja sama.

"Bu Mega kemarin dengan kami juga sepakat, mari kita putuskan pembahasan cawapres itu dilakukan setelah formasi pengusungan Ganjar, partainya komplit," kata Rommy dalam acara Gaspol! Kompas.com yang ditayangkan di YouTube, Kamis (11/5/2023) malam.

"Artinya setelah, kalau orang Jogja bilang rambahwo, ora nambah jiwo. Sudah enggak nambah lagi, baru kita berunding begitu," tambahnya.

Sejauh ini, sudah ada empat parpol yang ingin mengusung Gubernur Jawa Tengah itu sebagai kandidat capres, yaitu PDI-Perjuangan, PPP, Partai Hanura dan Partai Solidaritas Indonesia.

Meski urusan nama cawapres baru dibahas setelah kerja sama politik rampung dibentuk, PPP mengaku sudah menggodok sejumlah nama yang berpotensi menjadi pendamping Ganjar, yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Kedua nama itu muncul berdasarkan usulan yang disampaikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP.

Namun, Rommy mengatakan bahwa PPP masih memiliki nama lainnya. Sehingga, keputusan mengenai nama cawapres dari PPP tidak ditetapkan pada saat ini.

"Karena masih banyak nama-nama yang muncul, dewan pimpinan pusat (DPP) partai kemarin memutuskan, kita enggak putuskan hari ini. Kita ajak komunikasi, apakah ini hanya sekadar lontaran atau memang ada kesiapan. Terus bagaimana komitmen dengan PPP secara politik, begitu," ungkapnya.

Di samping nama Sandi dan Erick, nama-nama lain yang muncul sebagai kandidat cawapres seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hingga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Jadi ini kearifan kearifan lokal, ada juga tokoh NU lainnya yang juga muncul namanya. Gus Yaqut misalnya, ada Kiai Said Aqil Siradj. Ini kan nama-nama yang dimunculkan," tutur Rommy.

Untuk diketahui, PPP dan PDI-P telah sepakat untuk membangun kerja sama politik dengan PDI-P. Dalam kerja sama itu, kedua parpol sepakat untuk mengusung Ganjar sebagai capres.

Di sisi lain, PPP masih menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar. Dalam perkembangannya, terjadi dinamika setelah Golkar melakukan manuver untuk mendekati parpol lain.

Rommy pun menyebut bahwa dalam waktu dekat akan ada partai lain yang kini duduk di Parlemen yang akan bergabung dengan PPP dan PDI-P mendukung Ganjar.

https://nasional.kompas.com/read/2023/05/12/09171341/rommy-megawati-dan-kami-sepakat-putuskan-cawapres-setelah-formasi-parpol

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke