Salin Artikel

Tanggal 13 Maret Hari Memperingati Apa?

KOMPAS.com - Tanggal 13 Maret 2023 jatuh pada hari Senin. Tanggal 13 Maret untuk tahun 2023 ini ditetapkan sebagai Eight Hours Day atau Hari Buruhnya Australia.

Selain itu, tanggal 13 Maret juga diperingati sebagai hari lain. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 13 Maret 2023:

Hari Buruh Australia

Setiap tanggal 13 Maret diperingati sebagai hari buruh di Australia. Hari itu dikenal dengan sebutan Hari Delapan Jam atau Eight Hours Day. 

Sama seperti hari buruh pada umumnya, Eight Hours Day di Australia juga sebagai wadah untuk para buruh memperjuangkan hak-haknya. 

Melansir National Today, Eight Hours Day dimulai pada tahun 1800-an dicetuskan oleh serikat pekerja serta kelompok politik. Mereka menuntut delapan jam kerja sehari. 

Eight Hours Day di Australia dirayakan di beberapa bagian Australia seperti Victoria, Tasmania, dan Australia Barat.

Hari Perhiasan 

Di luar negeri tepatnya di Amerika Serikat, setiap tanggal 13 Maret diperingati sebagai Hari Perhiasan atau National Jewel Day. 

Meski awal mulanya tidak diketahui seperti apa namun adanya hari ini diharapkan mengubah cara pandang orang terhadap status sosial bagi pemakai perhiasan. 

Situs National Today menyebutkan pada abad pertengahan di Eropa permata menandakan status dan pangkat seseorang. 

Sampai pada abad ke-19, dunia semakin lelah dengan industrialisasi. Perhiasan juga hadir dalam bentuk apapun seperti terbuat dari tekstil, kertas, dan bahkan plastik. Oleh karena itu simbolisme perhiasan telah berubah dimana semua orang berhak memakai perhiasan.

Perhiasan adalah ekspresi pribadi dan membawa kegembiraan yang tak terhitung bagi semua orang.

https://nasional.kompas.com/read/2023/03/12/03000061/tanggal-13-maret-hari-memperingati-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke