Salin Artikel

Korlantas Polri: Hindari Kepadatan Lalu Lintas saat Tahun Baru, Pilih Waktu Pergi dan Pulang yang Tepat

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau masyarakat memilih waktu yang tepat saat pergi menuju objek wisata untuk merayakan tahun baru.

Adapun waktu yang Dicermati Korlantas Polri dan berpotensi mengalami kepadatan arus lalu lintas adalah pada pukul 06.00-07.00 WIB, 09.00-10.00 WIB, 13.00-15.00 WIB, dan 18.00-20.00 WIB.

Kepadatan ini berpotensi terjadi karena banyaknya warga yang akan mengunjungi objek wisata atau menuju tempat perayaan tahun baru yang jatuh pada Sabtu (31/12/2022).

"Untuk pengendara diharapkan bisa memilih waktu yang tepat untuk berangkat maupun pulang sehingga terhindar dari kepadatan arus lalu lintas," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/12/2022).

Ia juga mengimbau pengendara untuk menyiapkan diri dan kendaraannya. Pastikan jasmani sehat dan kendaraan laik jalan.

Setelah itu, patuhi seluruh peraturan lalu lintas yang berlaku untuk menghindari kecelakaan, termasuk saat petugas tengah mengatur jalan.

"Istirahat di rest area atau tempat yang aman pada saat lelah atau mengantuk sehingga terhindar dari kecelakaan lalu lintas," ucap Eddy.

Adapun untuk rekayasa lalu lintas, Korlantas Polri akan melakukan rekayasa menuju area wisata. Salah satu objek wisata yang akan diberlakukan rekayasa lalu lintas adalah area menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan berupa ganjil genap dan one way (satu arah). Sementara, rekayasa jalur-jalur lalu lintas lainnya akan disesuaikan dengan kepadatan yang terjadi, termasuk untuk jalan arteri dan ruas tol.

"Contohnya mau ke Puncak akan dilakukan ganjil genap dan nanti akan dilakukan one way arah ke puncak dan penutupan jalur ke puncak pukul 18.00 WIB," sebut Eddy.

https://nasional.kompas.com/read/2022/12/31/10281121/korlantas-polri-hindari-kepadatan-lalu-lintas-saat-tahun-baru-pilih-waktu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke