Salin Artikel

Jokowi: BLT BBM Baru Tersalurkan 40 Persen, Masih Banyak yang Belum

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi usai meninjau penyerahan BLT BBM, sembako, dan BLT kepada peserta program keluarga harapan (PKH) di Kantor Pos Cabang Pembantu Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis (15/9/2022).

"Di seluruh Indonesia telah tersalurkan kurang lebih 40 persen, memang masih banyak yang belum, masih 60 persen," ujar Jokowi sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

"Ini akan terus kita dorong agar itu bisa segera cepat diselesaikan," kata Jokowi melanjutkan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga memastikan bahwa BLT BBM tersebut akan diserahkan kepada seluruh masyarakat penerima manfaat hingga ke pelosok Tanah Air.

Presiden Jokowi menyebutkan, saat ini Kabupaten Maluku Barat Daya yang merupakan salah satu kepulauan terluar Indonesia telah memulai penyaluran BLT BBM tersebut.

"Ini Kabupaten Maluku Barat Daya termasuk kepulauan terluar yang berdekatan dengan Timor Leste, yang berdekatan juga dengan Australia," ungkap Jokowi.

"Ini sudah kita serahkan BLT BBM di wilayah ini telah dimulai," katanya lagi.

Sebelumnya, pada Kamis pagi, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membagikan BLT BBM di Dobo, Kabupaten Aru, Provinsi Maluku.

Dalam kesempatan itu, presiden mengatakan, BLT BBM sudah disalurkan ke 461 kabupaten dan kota di Tanah Air.

Menurut Jokowi, proses penyaluran BLT ini termasuk sangat cepat.

"Perlu saya sampaikan bahwa sampai hari ini, pemerintah telah membagikan Rp 8.179.000 dan sudah naik (daerah penerima) pada angka 461 kabupaten dan kota. Kalau kemarin yang 431, sekarang 461," ujar Jokowi sebagaimana dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

"Lompatannya cepat sekali. Kita harapkan dengan kecepatan pembagian BLT BBM ini daya beli rakyat, konsumsi rakyat tidak turun," tuturnya.

Sasaran dari BLT BBM adalah 20,65 juta kelompok keluarga penerima manfaat.

Besaran BLT BBM yang diberikan yakni Rp 150.000 selama empat bulan dan dibayarkan dalam dua termin lewat PT Pos Indonesia.

https://nasional.kompas.com/read/2022/09/15/18324901/jokowi-blt-bbm-baru-tersalurkan-40-persen-masih-banyak-yang-belum

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke