Salin Artikel

Keluarga Korban KRI Nanggala 402 Dapat Rumah Khusus, Prabowo: Sudah Siap Ditempati

Rusus itu dibangun di wilayah Candi, Sidoarjo, Jawa Timur dengan kerja sama antara sejumlah instansi yaitu Kementerian Pertahanan (Kemenhan), TNI Angkatan Laut (AL), Pemkab Sidoarjo, dan Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo.

“Rusus yang terbagi dalam 4 tipe ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, di antaranya lampu penerangan, akses jalan, dan telah siap ditempati dalam waktu dekat,” kata Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam keterangannya, Rabu (20/4/2022).

Selain itu, Prabowo memberikan beasiswa pendidikan SMA Taruna Nusantara Magelang untuk dua anak korban KRI Nanggala 402.

Keduanya adalah Rasya Gustafio Prianto putra dari Sertu Anumerta Bambang Priyanto dan Iffa Aqliyana Setiyawan yang merupakan putri dari Sertu Anumerta Wahyu Adiyas.

Langkah ini, menurut Prabowo, dilakukan sebagai wujud perhatian pemerintah pada para pahlawan KRI Nanggala 402.

“Langkah ini diambil sebagai upaya membantu dan memberi perhatian kepada ahli waris KRI Nanggala 402, juga bentuk terima kasih atas pengabdian yang telah diberikan oleh para pahlawan KRI Nanggala pada Bangsa Indonesia,” ucap dia.

KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam di Perairan Utara Bali pada 24 April 2021.

Kapal ditemukan pada kedalaman 838 meter dan sebanyak 53 awaknya dinyatakan gugur.

Insiden ini membawa duka untuk seluruh komunitas kapal laut dunia.

Komunitas Kapal Selam Angkatan Laut Inggris pun memberikan santunan pada keluarga korban melalui badan amal We Remember Submariners pada 8 Oktober 2021.

https://nasional.kompas.com/read/2022/04/20/21384461/keluarga-korban-kri-nanggala-402-dapat-rumah-khusus-prabowo-sudah-siap

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke