Salin Artikel

BRIN Bagi-bagi Mesin Kopi Bareng Politisi PDI-P, Ini Penjelasan Kepala BRIN

Dalam hal ini, BRIN dibantu oleh Komisi VII DPR sebagai mitra kerja.

Laksana menjelaskan, penyerahan bantuan itu masuk dalam program Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN.

"Oh iya betul. Itu program pembinaan usaha mikro berbasis teknologi yang ada di Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN," kata Laksana saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Dia menjelaskan, BRIN mendapat bantuan dari Komisi VII untuk menyerahkan bantuan dari teknologi yang dimaksud.

Ia mengaku bersyukur karena para anggota DPR khususnya Komisi VII antusias membantu program pemerintah hingga sampai ke masyarakat di daerah.

"Kami mendapat bantuan dari setiap anggota Komisi VII sebagai mitra kami di DPR. Karena tidak mudah mencari mitra, apalagi di daerah-daerah," jelasnya.

Laksana menampik dugaan-dugaan atau persepsi sejumlah pihak yang menyebut program tersebut eksklusif bekerja sama dengan PDI-P.

Diketahui, program ini mengemuka di media sosial (medsos) Twitter dan menjadi perbincangan netizen usai salah seorang anggota Komisi VII dari Fraksi PDI-P Ridwan A Wittiri diberitakan menyerahkan bantuan mesin buatan BRIN ke dapilnya di Sulawesi Selatan.

"Oh tidak, itu semua fraksi di Komisi VII (akan turut membagikan) sebagai mitra kami di DPR," tegasnya.

"Program ini tidak eksklusif untuk dapil. Sama seperti semua skema BRIN terbuka untuk seluruh kalangan. Setiap anggota Komisi VII juga mengusulkan ke kami seperti halnya berbagai pihak yang lain," tambah dia.

Lanjut Laksana, sepengetahuannya, sudah banyak fraksi di Komisi VII DPR yang juga mengontak BRIN untuk menawarkan bantuan dalam penyerahan bantuan teknologi mesin tersebut.

"Setahu saya sudah banyak fraksi lain yang juga di berbagai daerah, sejak tahun lalu," pungkasnya.

Sebelumnya, viral di media sosial, Ridwan A Wittiri menyerahkan bantuan dan pelatihan produk teknologi dan inovasi berupa mesin roaster kopi, mesin mixer bakso, mesin grinder bakso, mesin pencetak bakso dan Ozonanomist bersama BRIN di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (10/2/2022).

Penyerahan bantuan itu ramai diperbincangkan warganet di media sosial Twitter lantaran terkesan bantuan eksklusif tersebut diberikan karena PDI-P bekerja sama dengan BRIN dilihat dari logo pada spanduknya.

Menyikapi hal tersebut, Ridwan mengatakan, mesin-mesin itu sengaja dibagikan BRIN, bukan darinya atau PDI-P.

"Itu benar, aspirasi untuk masyarakat di dapil (daerah pemilihan) saya dari BRIN," kata Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Ia menegaskan, bantuan-bantuan itu justru datang dari pemerintah yang disalurkan melalui BRIN.

https://nasional.kompas.com/read/2022/02/15/20312801/brin-bagi-bagi-mesin-kopi-bareng-politisi-pdi-p-ini-penjelasan-kepala-brin

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.