Salin Artikel

Di Lanud Iswahjudi, Ketua DPR Apresiasi Modernisasi Pesawat Tempur TNI AU

Dalam kunjungannya itu, Puan mengapresiasi inovasi yang dilakukan TNI AU untuk meningkatkan kemampuan tempurnya dan menyiasati kendala penyediaan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Tidak sekadar memenuhi target MEF (Minimum Essential Force) tapi harus menghasilkan lompatan teknologi dan terobosan, sehingga Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dalam teknologi Alutsista di kawasan," kata Puan dalam siaran pers, Rabu.

Kedatangan Puan di Lanud Iswahjudi disambut langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bersama sejumlah perwira tinggi TNI AU.

Kepada Puan, Fadjar menjelaskan, prgoram Falcon Star EMLU merupakan salah satu terobosan TNI AU dalam memodernisasi pesawat tempur F-16.

Ia menuturkan, setelah menjalani program tersebut, F-16 milik TNI AU akan mampu melaksanakan pertempuran modern secara beyond visual range (BVR).

Selain itu, pesawat-pesawat tersebut kini juga dilengkapi radar dengan jangkauan yang jauh serta BVR missile AIM-120 AMRAAM.

“Saat ini program Falconstar eMLU sudah menghasilkan 5 pesawat dari rencana 10 pesawat," ujar Fadjar.

Fadjar menambahkan, program EMLU dilaksanakan sepenuhnya oleh personel TNI AU dengan pelitahan dari teknisi ahli Locheed Martin sebagai bagian dari alih teknologi. 

https://nasional.kompas.com/read/2021/12/22/19193321/di-lanud-iswahjudi-ketua-dpr-apresiasi-modernisasi-pesawat-tempur-tni-au

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke