Salin Artikel

Menkes: Semua Rakyat Divaksinasi Covid-19 Gratis, Tidak Ada yang Bayar

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat melapor jika dipungut biaya atau ada transaksi tidak wajar dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Budi menegaskan program vaksinasi diberikan secara gratis.

"Sangat penting agar masyarakat membantu pemerintah menjaga bahwa vaksin ini gratis, semua rakyat disuntik gratis tidak ada yang bayar," kata Budi, dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021).

Budi mengatakan, masyarakat dapat melapor ke Kemenkes melalui nomor telepon 021-1500567 atau email pengaduan.itjen@kemenkes.co.id.

Selain itu, ia menuturkan, masyarakat dapat melihat ketersediaan stok vaksin Covid-19 dan laju penyuntikan di kabupaten/kota melalui situs vaksin.kemkes.go.id. 

"Di situ ada menu bisa dilihat stok vaksin di seluruh kabupaten/kota dan juga laju penyuntikannya sehingga berapa hari kira-kira stok vaksin itu bisa dipakai," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar cakupan vaksinasi dapat melewati 100 juta dosis pada akhir Agustus.

Menurut Jokowi, saat ini sudah ada 90,59 juta dosis vaksin Covid-19 yang diberikan kepada masyarakat.

“Saya minta kepada Menkes sampai akhir bulan Agustus ini kita harus bisa mencapai penyuntikan lebih dari 100 juta dosis vaksin,” kata Jokowi, dalam konferensi pers terkait perkembangan PPKM, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis kedua mencapai 32.046.224 orang atau 15,39 persen dari target, pada Senin (23/8/2021) pukul 12.00 WIB.

Sementara, jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksin dosis pertama yakni 57.779.716 orang.

Pemerintah telah menetapkan target vaksinasi terhadap 208.265.720 orang. Sasaran vaksinasi terdiri atas tenaga kesehatan, kelompok lanjut usia, petugas publik, masyarakat rentan, dan masyarakat umum termasuk anak usia 12-17 tahun.

https://nasional.kompas.com/read/2021/08/23/22503401/menkes-semua-rakyat-divaksinasi-covid-19-gratis-tidak-ada-yang-bayar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.