Salin Artikel

Menkes Jadikan Nilai CT Value yang Rendah Sebagai Indikasi Suatu Daerah Telah Dimasuki Varian Delta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya menggunakan hasil cycle treshold value (CT) dari swab PCR pasien terpapar Covid-19 sebagai acuan mendeteksi penyebaran varian delta atau B.1.617.2 di suatu daerah.

Budi mengatakan, varian delta memiliki ciri-ciri yaitu hasil CT value yang rendah dan lebih cepat menular.

Oleh karena itu, ia mengatakan, daripada menunggu hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) yang cukup lama, pemerintah akan melihat hasil CT value para pasien Covid-19 dari suatu daerah.

"Kita bisa menduga bahwa daerah-daerah yang rata-rata CT minimalnya rendah itu kemungkinan sudah dimasuki delta, sehingga kita bisa melakukan persiapan-persiapan yang lebih baik dalam rangka mengantisipasi penyebaran delta yang memang lebih cepat," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (9/7/2021).

CT value merupakan jumlah siklus yang diperlukan pada pemeriksaan sampel sampai virus terdeteksi pada sampel.

Nilai CT value ini berbanding terbalik dengan hasilnya. Jika nilai CT rendah, berarti jumlah virus semakin banyak karena dapat ditemukan dalam beberapa siklus saja. Sebaliknya, jika nilai CT tinggi, berarti jumlah virus semakin sedikit.

Budi mengatakan, di DKI Jakarta, Kabupaten Kudus dan Bangkalan 81,2 persen warganya memiliki hasil CT value di bawah 20 persen.

Sedangkan, di Sumatera Barat 63,6 persen warganya memiliki hasil CT value di bawah 20 persen.

"Jadi memang terlihat kalau rata-rata CT value sudah rendah itu menunjukkan kemungkinan terjadi penyebaran delta di sana, sehingga kita bisa mengantisipasi lebih baik untuk daerah-daerah di luar Jawa," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, pemerintah akan memasukan hasil CT value dari swab PCR dalam sistem integrasi New All Record atau NAR agar setiap daerah dapat mengantisipasi penyebaran varian delta.

"Jadi kita harus pastikan data CT Value dari PCR test itu masuk ke sistem Kementerian Kesehatan untuk masing-masing kabupaten kota agar kita bisa mengantisipasi potensi penyebaran delta," pungkasnya.

https://nasional.kompas.com/read/2021/07/09/20254491/menkes-jadikan-nilai-ct-value-yang-rendah-sebagai-indikasi-suatu-daerah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke