Salin Artikel

Fadli Zon: Apakah Pemindahan Ibu Kota Jadi Prioritas?

Menurut Fadli, rencana tersebut harus melalui pertimbangan dari segala aspek, terutama kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

"Harus dilihat juga kondisi ekonomi kita. Apa yang prioritas kita. Apa pemindahan ibu kota sudah menjadi prioritas kita dalam kondisi ekonomi saat ini? Ada perang dagang, utang semakin membesar, daya beli menurun, dan sebaginya. Ini harus dipikirkan," ujar Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Fadli mengatakan, pemerintah harus melakukan kajian serius sebelum pemindahan ibu kota benar-benar dilakukan.

Ia menyarankan agar kajian tersebut melibatkan ahli ekonomi dan kalangan akademisi.

Dengan begitu, pemerintah dapat memastikan kesiapan infrastruktur, sumber daya, dan pemerintahan sebelum memindahkan ibu kota.

"Ini harus ada satu kajian yang sangat serius menyangkut masalah pemindahan ibu kota, bukan persoalan sekadar keinginan tapi juga segala sesuatu menyangkut infrastruktur, sumber daya, pemerintahan dan lain-lain," kata Fadli.

"Saya kira para ekonom kalangan akademisi juga harus dilibatkan mengkaji ini dan terukur. Kan kita ingin kalau pemindahan ibu kota ini ada satu solusi dengan maksud baik untuk pemerataan," ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan rencana pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Pidato Kenegaraan saat Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

"Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, ibu kota bukan sekadar simbol identitas bangsa. Menurut dia, ibu kota juga merupakan representasi kemajuan bangsa.

Karena itu, Presiden mengatakan bahwa pemindahan ibu kota bertujuan pemerataan dan keadilan ekonomi di Indonesia.

"Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa," ucap Jokowi.

"Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," kata dia.

https://nasional.kompas.com/read/2019/08/16/13141641/fadli-zon-apakah-pemindahan-ibu-kota-jadi-prioritas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke