Salin Artikel

Waketum AMPG Setuju Kepemimpinan Airlangga Hartarto Segera Dievaluasi Lewat Munas

Ia menilai Munas mendesak dipercepat karena menurunnya suara Golkar di pemilu legislatif 2019.

"Evaluasi menyeluruh terhadap perolehan suara partai yang menurun ini harus dilakukan secepatnya, dan sarana yang paling tepat untuk ini adalah Munas,” kata Abdul Aziz saat dihubungi, Selasa (28/5/2019) malam.

Abdul mengatakan, masa bakti kepengurusan Ketum Airlangga akan selesai pada tahun ini. Namun yang jadi perdebatan di internal adalah pada bulan apa Munas untuk memilih ketua umum baru harus dilakukan.

Ia sepakat Munas yang merupakan forum tertinggi di Partai Golkar itu digelar dalam waktu dekat, tidak menunggu sampai akhir tahun. Apalagi, 25 Dewan Pimpinan Daerah Golkar tingkat I juga disebut-sebut sudah sepakat agar Munas dipercepat.

"Karena peran DPP saat pileg kemarin dirasakan sangat minim di daerah, bahkan nyaris tidak ada. Maka berdasarkan evaluasi dan masukan dari ketua ketua PD AMPG di daerah bahwa percepatan Munas sudah mutlak untuk segera dilakukan” kata Abdul Aziz.

Berdasarkan rekapitulasi akhir KPU, Golkar meraih 17.229.789 suara atau 12,3 persen. Golkar berada di bawah PDI-P dan Gerindra dalam hal raihan suara nasional.

Hasil itu membuat Golkar hanya meraih 85 kursi di DPR, turun dari 2014 dimana partai beringin menempatkan 91 orang wakilnya di Senayan. Sementara pada Pemilu 2019, Golkar menargetkan 105 kursi di DPR. 

Abdul mengatakan, capaian Golkar di Pileg 2019 yang tak memuaskan itu membuat posisi pimpinan mendesak untuk dievaluasi. Menurut dia, sejak dulu Golkar sangat fair dalam memberikan evaluasi terhadap pimpinan partai.

"Kalau dinilai gagal ya pasti kita dorong agar Ketum Airlangga diganti dalam Munas nanti. Kami PP AMPG sebagai sayap partai akan tetap straight menyuarakan percepatan Munas ini demi mengembalikan kejayaan partai” ujarnya. 

Sebelumnya, salah satu politisi Golkar Aziz Samual menargetkan agar Munas bisa digelar pada bulan Juli 2019. Mantan Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Timur Partai Golkar itu menyebut para pengurus daerah sudah melakukan konsolidasi dan mencapai kata sepakat.

"Konsolidasi sudah bulat, 25 DPD I dan beberapa DPD II sudah merestui percepatan Munas ini," kata Azis dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/5/2019).

Namun, pernyataan Aziz dibantah Ketua Koordinator bidang Hankam DPP Golkar, Happy Bone Zulkarnain. Ia menyebut para pengurus daerah justru bersyukur dengan capaian Golkar di Pileg.

"Saya tidak menemukan komplain dari 25 DPD I yang meminta Ketua Umum untuk mundur karena dinilai gagal dalam mencapai target di pemilu 2019," kata Happy.

https://nasional.kompas.com/read/2019/05/29/06501511/waketum-ampg-setuju-kepemimpinan-airlangga-hartarto-segera-dievaluasi-lewat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke