Salin Artikel

TKN Jokowi-Ma'ruf Apresiasi Pernyataan Sandiaga

Direktur Komunikasi Politik TKN Usman Kansong menilai Sandiaga sudah menyampaikan pernyataan yang jujur.

"Hari ini kami baca Sandiaga mengakui bahwa KPU dan Bawaslu sudah bekerja keras dan publik harus tenang dan tidak terjebak pada tudingan-tudingan. Kami sangat mengapresiasi pernyataan Sandi tersebut," kata Usman Kansong dalam jumpa pers di Posko Cemara, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Ia menilai, pernyataan Sandiaga itu sesuai dengan semangat TKN dan paslon Jokowi-Ma'ruf. TKN meyakini bahwa KPU sudah bekerja keras dalam menyelenggarakan pemilu 2019 dan tak mungkin melakukan kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan masif.

Kalau pun ada insiden kecil di sejumlah daerah, hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat rumitnya penyelenggaraan pemilu serentak di negara seluas Indonesia.

"KPU sudah berhasil menyelenggarakan pemilu paling rumit di dunia dan itu patut diapresiasi," ujar Usman Kansong.

Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, sebelumnya menyatakan yakin bahwa Pemilu 2019 berjalan adil dan jujur. Ia pun mengaku tak berbeda prinsip dengan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

"Enggak ada (perbedaan persepsi), saya enggak punya perbedaan pandangan yang prinsip dan strategis terhadap Pak Prabowo. Saya meyakini bahwa Pemilu ini jujur dan adil," kata Sandi saat mengunjungi Gor Radio Dalam, tempat penghitungan suara Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2019).

Ketika disinggung mengenai klaim kemenangan oleh pihak Prabowo-Sandi, ia tak menjawab lugas. Sandiaga mengatakan bahwa penghitungan Pemilu 2019 harus terus dikawal.

"Saya melihat bahwa pemilunya harus kita kawal. C1-nya harus kita kawal. Ini juga kemenangan bukan soal kalah menang, bukan soal Prabowo-Sandi kok. Kita ingin kan pemilu ini dilakukan dengan prinsip-prinsi terbuka dan berkeadilan," ucap dia.

https://nasional.kompas.com/read/2019/04/25/19292911/tkn-jokowi-maruf-apresiasi-pernyataan-sandiaga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke