Salin Artikel

Citra Tempramental Bisa Ganggu Elektabilitas Prabowo

Sebab, Adrian mengatakan, saat ini berdasarkan survei lembaganya, capres petahana Joko Widodo mengungguli Prabowo dalam hal figur personal. Ia memprediksi figur personal Prabowo akan semakin tergerus dengan citra tempramental yang kerap dimunculkan belakangan.

"Figur dan personal Jokowi lebih disukai dibandingkan dengan Prabowo. Hampir semua aspek personal yang biasanya menjadi pertimbangan pemilih dalam menilai pemimpin, Jokowi unggul dibanding Prabowo," ujar Adrian saat memaparkan hasil survei di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Aspek figur personal yang membuat Jokowi lebih unggul berdasarkan survei terbaru LSI ialah dalam hal kejujuran, perhatian pada rakyat, dan nasionalisme. Dalam hal kejujuran, sebanyak 75 persen responden menilai Jokowi sosok yang jujur dan sebanyak 52,9 persen menilai Prabowo jujur.

Dalam hal kepedulian kepada rakyat, sebanyak 81 persen responden menilai Jokowi peduli dan 55,3 persen menyatakan Prabowo sosok yang peduli terhadap rakyat. Sedangkan di aspek nasionalisme sebanyak 82,1 persen menilai Jokowi nasionalis dan 74,6 persen menilai Prabowo sosok nasionalis.

"Maka faktor lainnya yang diamati secara kualitatif yang membuat Jokowi lebih kuat dibanding Prabowo adalah antara lain citra temperamental Prabowo yang semakin sering terlihat dan viral ke publik," lanjut dia.

Survei ini dilakukan LSI pada 4-9 April dengan melibatkan 2.000 responden melalui wawancara tatap muka. Survei menggunakan metode multistage random sampling di 34 provinsi dengan margin of error +/- 2,2 persen.

https://nasional.kompas.com/read/2019/04/12/22434721/citra-tempramental-bisa-ganggu-elektabilitas-prabowo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke