Salin Artikel

KPU Akan Laporkan Hoaks "Setting-an Server" ke Bareskrim

Langkah ini diambil lantaran hoaks tersebut telah merugikan KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Karena merasa dirugikan, kami akan melaporkan ini ke Bareskrim Mabes Polri supaya kemudian ada upaya penegakan hukum," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2109).

Rencananya, KPU akan melapor pada hari ini. KPU juga telah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengenai hal ini.

"Nanti dirumuskan siapa yang berangkat dan kapan. Tapi intinya akan melaporkan secepat mungkin, supaya tidak bertele-tele," ujar Hasyim.

Menurut Hasyim, hoaks yang beredar berbahaya bukan hanya bagi penyelenggara pemilu, tetapi juga untuk tahapan pemilu.

Hoaks tersebut bisa mengancam kepercayaan publik terhadap KPU maupun penyelenggaraan pemilu, khususnya terkait proses pemungutan dan penghitungan suara.

"Kalau kemudian prosesnya dinilai cacat, berarti keputusannya cacat dan pada bagian akhir ini akan jadi problem. Pada intinya informasi atau substansi atau materi yang berkembang dalam video itu semuanya tidak benar," ujar Hasyim.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membantah adanya kabar yang menyebut server KPU di Singapura sengaja di-setting untuk kemenangan salah satu pasangan capres-cawapres.

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, kabar yang dimuat dalam video yang tersebar di sejumlah sosial media itu adalah hoaks.

"Disampaikan seolah-olah sistem KPU sudah di-setting memenangkan calon presidem tertentu, sudah di-setting dengan jumlah persentase, itu tidak benar," kata Hasyim di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/3/2019).

Sebelumnya, beredar kabar bahwa server KPU di Singapura sudah menyetting kemenangan salah satu pasangan capres cawapres.

Kabar tersebut beredar melalui Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Akun Facebook bernama Rahmi Zainuddin Ilyas mengunggah informasi tersebut. Ia menggunggah video yang berjudul "Wow server KPU ternyata sudah Disetting 01 menang 57% tapi Jebol Atas Kebesaran Allah Meskipun Sudah Dipasang 3 Lapis".

Dalam unggahan tersebut disertakan caption, "Astaghfirullah, semua terbongkar atas kebesaran dan kekuasaan serta kehendak Allah semata".

Muncul juga informasi yang beredar demikian, "Breaking New! Pak Wahyu mantan staf Jokowi di Solo bongkar server KPU di Singapura udah setting kemenangan 01 57%!!!, Jebol salah satu dari 7 servernya. Sebarkan. Viralkan".

https://nasional.kompas.com/read/2019/04/04/14475891/kpu-akan-laporkan-hoaks-setting-an-server-ke-bareskrim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke