Salin Artikel

Wapres Kalla: Perekonomian Palu Harus Segera Pulih

Roda perekonomian yang bergerak, kata Kalla, bakal mempercepat proses pembangunan kembali kawasan yang terdampak gempa bumi dan tsunami.

Kalla menjelaskan, untuk merangsang bergeraknya roda perekonomian harus ada uang masuk dan beredar di daerah tersebut. Rehabilitasi kawasan diharapkan bisa menarik uang masuk ke Palu. 

"Ya harus masuk duit. Tadi saya sudah jelaskan harus cepat rehabilitasi. Rehabilitasi itu kan pembangunan, pasti orang kontraktor dapat uang, rakyat dapat uang, jadi ekonomi jalan," kata Wapres di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu, Jumat (5/10/2018), seperti dikutip Antara.

Saat ini, akibat bencana yang dahsyat di Palu dan Donggala membuat masyarakat tak memiliki pendapatan. Kondisi ini membuat perekonomian menjadi lumpuh.

Kalla menuturkan, pemerintah akan segera melakukan perbaikan infrastruktur seperti gardu listrik dan menara base transceiver station (BTS) untuk merangsang perekonomian.

"Oleh karena itu, maka harus bersama-sama. Infrastruktur jalan, kalau sudah jalan listrik, jalan 'handphone', kemudian masyarakat sudah ada penghasilan, pasti ekonomi jalan lagi," tambahnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Palu, Jumat (5/10/2018) pagi, untuk meninjau langsung kondisi Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah tersebut pascabencana gempa bumi dan tsunami. 

Wapres juga sempat memimpin langsung rapat koordinasi penanganan gempa bumi dan tsunami Palu di Posko Penanggulangam Bencana Korem 132/Tadulako.

https://nasional.kompas.com/read/2018/10/05/21272011/wapres-kalla-perekonomian-palu-harus-segera-pulih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke