Salin Artikel

Jokowi Jalan Santai Bersama Pelajar Indonesia di Selandia Baru

Sebanyak 29 pelajar dan mahasiswa ikut dalam kegiatan itu.  

Rute yang ditempuh adalah hotel tempat Presiden beserta rombongan menginap di kawasan CBD Wellington menuju Waterfront. Jaraknya sekitar 1 kilometer.

Kepala Negara tampak mengenakan baju putih dibalut jaket merah dan sepatu sneakers yang ia beli saat Jakarta Sneakers Day di Jakarta.

Sementara Ibu Negara mengenakan kaus abu-abu yang dibalut jaket warna senada dan sepatu casual hitam.

Sambil berjalan santai, Presiden serta pelajar dan mahasiswa berbincang mengenai sejumlah hal.

Sesampainya di Waterfront, rombongan jalan santai itu duduk-duduk di salah satu sisinya, dekat Museum Te Papa. Bincang-bincang pun dilanjutkan di sana.

"Saya datang dari umur 15 tahun, tidak bisa bahasa Inggris sama sekali. Saya bersyukur bisa diberi kesempatan. Dari SMA, lanjut S-1, lalu S-2, sekarang mengajar di salah satu perguruan tinggi di sini," ujar Ajoomi, seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana.

Selain Ajoomi, beberapa mahasiswa menyampaikan usulan kepada Kepala Negara, salah satunya mengenai kesempatan kerja di Indonesia bagi lulusan luar negeri.

"Bapak, kalau boleh saya sharing, sudah mulai banyak adik-adik kita yang selesai. Jadi, mungkin ke depannya kalau memang ada kesempatan bagi mereka untuk kembali dan mengabdi kepada negara, mungkin employment opportunity setelah mereka selesai. Sebab, investasi ini jangan sampai di situ saja Bapak, harus berkelanjutan" ujar salah seorang mahasiswa.

Presiden mencatat sejumlah usulan mereka.

Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini sedang gencar membangun infrastruktur. Ia berharap, pembangunan itu sekaligus memperluas kesempatan kerja di Tanah Air.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam kegiatan Presiden dan Ibu Negara, Senin pagi, antara lain Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto; Menteri Sekretaris Negara Pratikno; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; serta Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya.

https://nasional.kompas.com/read/2018/03/19/10473971/jokowi-jalan-santai-bersama-pelajar-indonesia-di-selandia-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke