Salin Artikel

Panglima TNI Ajak Kapolri Jaga Soliditas melalui "Diplomasi Kopi"

Momen silaturahim tersebut merupakan kali pertama Hadi dan Tito bertemu setelah Hadi resmi menjabat sebagai Panglima TNI setelah serah terima jabatan (sertijab) dengan Jenderal Gatot Nurmantyo, di Lapangan Upacara Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu, (9/12/2017).

Menurut Hadi, pertemuan tersebut harus tetap dilakukan untuk menjaga soliditas TNI-Polri, mulai dari tingkat pimpinan hingga seluruh satuan wilayah.

"Hal seperti ini yang benar-benar saya idam-idamkan. Pertemuan seperti ini harus kita lakukan setiap ada kesempatan, bukan hanya sekadar seremonial saja. Kita harapkan sampai menyentuh ke bawah," ujar Hadi, saat memberikan sambutan.

Baca: Cendera Mata Pertama Panglima TNI dari Kapolri

Pada kesempatan itu, Hadi menawarkan kepada Tito untuk melakukan pertemuan lanjutan sambil menikmati kopi di atas KRI Bima Suci milik TNI AL atau pesawat Hercules VVIP milik TNI AU.

Menurut Hadi, pertemuan dengan Tito penting dilakukan untuk menjaga soliditas TNI-Polri. Dengan demikian, lanjut Hadi, seluruh satuan wilayah akan mencontoh kedekatan antara Panglima TNI dan Kapolri.

"Benar-benar kami inginkan silaturahim yang baik ini. Untuk itu Pak Kapolri, saya mengundang, ada KRI Bima Suci pengganti Dewa Ruci, atau pesawat Hercules VVIP yang ada kursi dan mejanya. Mari kita ngopi bareng. Ada tiga pilihan, ngopi di darat, di laut, dan udara. Kita bisa katakan ini adalah diplomasi kopi," kata Hadi. 

"Ini satu simbol bahwa kebersamaan kita itu tetap kita jaga dan bukan hanya pada tataran pimpinan tapi juga di seluruh satuan wilayah," ujar dia. 

Baca: Saat Panglima TNI Kenang Adisujipto dan Peristiwa Jatuhnya Pesawat Dakota di Jogja

Hadi berharap melalui "diplomasi kopi", TNI dan Polri bisa terus bekerja sama dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Ia menegaskan, TNI berkomitmen tetap menjaga soliditas, koordinasi, dan komunikasi yang baik dengan Polri.

"Mudah-mudahan ini akan mempererat hubungan silaturahim di antara kita sehingga semua kegiatan di lapangan akan lebih mudah karena kuncinya adalah koordinasi dan komunikasi. Ini yang akan kita bangun. Mudah-mudahan bisa dilaksanakan ngopi bareng dalam waktu dekat. Mari kita sama-sama ngopi bareng," kata Hadi.

Hadir dalam silaturahim tersebut di antaranya pejabat tinggi TNI dan Polri, antara lain Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, Kepala Staf Umum TNI Laksamana Madya Didit Herdiawan Ashaf, Irjen TNI Letnan Jenderal TNI Dodik Wijanarko, dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto.

https://nasional.kompas.com/read/2017/12/11/18484751/panglima-tni-ajak-kapolri-jaga-soliditas-melalui-diplomasi-kopi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke