Salin Artikel

Wapres Ingin Ulama Langsung Beri Contoh Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Caranya, dengan mendorong masyarakat menjadi entrepreneur atau pengusaha.

"Sering saya katakan, bagaimana mendorong, kalau di pesantren belajar lah berdagang, menjadi entrepreneur yang muda-muda ini," ujar Kalla saat membuka acara "Halaqah Nasional Ulama dan Cendekiawan" di hotel Millenium, Jakarta Pusat, Kamis malam (16/11/2017).

"Jadi peran ulama bukan hanya berdakwah, bukan hanya memberikan tafsir Al Quran atau hadits, tapi yang dibutuhkan mendorong bagaimana masyarakat lainnya untuk maju," kata Kalla.

Tak hanya itu, para ulama juga diminta Kalla memberikan contoh yang nyata. Dengan demikian, ulama tak sekedar dakwah atau ceramah lisan semata untuk mengurangi ketimpangan ekonomi.

"Ulama harus memberikan contoh-contoh, dorongan," ujar Kalla.

Dengan demikian, menurut Kalla, ketimpangan ekonomi di dalam negeri akan dapat dikurangi. Masalah disharmonisasi antara "Si Kaya" dan "Si Miskin" pun akan bisa dihindari.

"Kenapa kita bisa terjadi disharmonisasi? Karena perbedaan ekonomi yang mendasar, 1 persen keluarga Indonesia menguasai 50 persen aset bangsa," kata Kalla.

"Kenapa rakyat kita tidak jadi pengusaha, kenapa tidak terdorong jadi pengusaha. Selalu saya katakan, para ulama harus juga membuat kita lebih makmur. Karena kalau terjadi ketidakmakmuran, bisa menimbulkan disharmonisasi," tutur Kalla yang juga pengusaha.

https://nasional.kompas.com/read/2017/11/17/05395061/wapres-ingin-ulama-langsung-beri-contoh-peningkatan-ekonomi-masyarakat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke