Salin Artikel

Vietnam Tertarik dengan Program Dana Desa Jokowi

Vietnam juga ingin menerapkan program serupa untuk membangun desanya.

Oleh sebab itu, pembangunan desa menjadi salah satu poin kerja sama yang ditandatangani delegasi Indonesia dan Vietnam saat kunjungan kenegaraan Sekjen Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong ke Istana Presiden, Rabu (23/8/2017).

"Dengan adanya dana desa, BUMDes, ini pertama di dunia juga, jadi Vietnam juga mau belajar di situ," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo, di Kompleks Istana Presiden, usai pertemuan.

Dalam waktu dekat, Kementerian Desa akan tukar menukar informasi dengan kementerian terkait di Vietnam sebagai tindak lanjut penandatanganan nota kerja sama tersebut.

Sebaliknya, Indonesia akan mempelajari bagaimana petani Vietnam dengan cepat beralih dari pola tani tradisional ke pola tani modern.

Indonesia akan menerapkan tips dan triknya untuk para petani dalam negeri.

"Vietnam lebih unggul dalam pemakaian bibit, bercocok tanam secara modern. Kita mau lihat bagaimana mereka bisa cepat merubah dari pertanian tradisional ke pertanian modern. Itu kita lihat dan pelajari untuk diterapkan di Indonesia," ujar Eko.

https://nasional.kompas.com/read/2017/08/23/19112561/vietnam-tertarik-dengan-program-dana-desa-jokowi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke