Salin Artikel

Jokowi Minta Pengadaan Alutsista Disesuaikan dengan Geografi Indonesia

Jokowi ingin alutsista yang dibeli benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan pertahanan dalam negeri.

"Fokus pengadaan alutsista jangan hanya untuk memenuhi postur kekuatan pokok minimum 2024, tapi juga disesuaikan dengan kondisi geografis negara Indonesia yang khas," ujar Jokowi dalam rapat terbatas membahas alutsista di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Salah satu kendala geografi yang dimiliki Indonesia adalah kondisi sebagai negara kepulauan. Ini menyebabkan wilayah Indonesia

"Kita juga memiliki kawasan perbatasan yang sangat panjang dan harus kita jaga, kita awasi," kata dia.

Jokowi juga meminta TNI mengkalkulasi perubahan-perubahan situasi ke depan agar alutsista yang dibeli dapat relevan digunakan.

"Kita juga harus betul-betul menghitung dan mengantisipasi perubahan yang sangat cepat, terutama bidang teknologi persenjataan yang akan mempengaruhi corak peperangan masa yang akan datang," ujar Jokowi.

Jokowi ingin postur pertahanan tiga matra TNI semakin kuat lengkap dan modern dengan pengadaan yang sejalan dengan penguatan industri pertahanan nasional.

https://nasional.kompas.com/read/2017/07/26/19203501/jokowi-minta-pengadaan-alutsista-disesuaikan-dengan-geografi-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.