Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipo: Presiden Engkong Barangkali Tahu Bunda Putri

Kompas.com - 12/10/2013, 19:40 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengatakan, para elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mungkin mengetahui siapa Bunda Putri. Dipo meyakini mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq, berbohong mengenai percakapan soal Bunda Putri.

Menurut Dipo, Bunda Putri bukan orang dekat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, melainkan presiden lain. Pasalnya, orang-orang dekat SBY seperti Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Pribadi, dan dirinya tidak kenal Bunda Putri.

"Mungkin ada presiden satu lagi. Presiden Engkong barangkali yang paling tahu mengenai Bunda Putri. Kita semua enggak ada yang tahu siapa itu Bunda Putri," kata Dipo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu ( 12/10/2013 ).

Engkong merupakan panggilan untuk Ketua Dewan Syuro PKS Hilmi Aminuddin.

Dipo mengatakan hal itu untuk menanggapi sebuah foto di media sosial yang disebut-sebut sebagai foto diri Dipo dengan seorang perempuan yang disebut Bunda Putri.

Dipo mengaku tidak peduli dengan foto tersebut. Jika benar perempuan itu Bunda Putri, kata dia, bisa saja ketika itu berfoto beramai-ramai, tetapi kemudian dipotong. Ia mengaku tidak tahu kapan dan dalam acara apa foto itu diambil.

"Saya pejabat publik. Sebagai pejabat publik saya tidak bisa menolak ada orang yang mau foto bersama. Sering kaya gitulah," kata Dipo.

Seperti diberitakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan jajarannya untuk mengumpulkan informasi mengenai Bunda Putri. Nantinya, akan diungkap ke publik siapa Bunda Putri.

Langkah itu dilakukan setelah Luthfi menyebut Bunda Putri adalah orang yang sangat dekat dengan Presiden ketika bersaksi di Pengadilan Tipikor. Bunda Putri disebut sangat tahu informasi mengenai kebijakan reshuffle kabinet. Presiden membantah pernyataan itu.

Sosok Bunda Putri pertama kali terungkap dalam rekaman percakapan antara Luthfi dan Ridwan Hakim yang disadap KPK. Bunda Putri terkesan sebagai sosok penting yang bisa memengaruhi para pengambil kebijakan. Bunda Putri dikesankan bisa memindahkan para pejabat di kementerian, dan bahkan dalam percakapan bisa membuat "lurah" pusing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com