Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri di Minahasa Dibunuh karena Mengigau, Komnas Perempuan Sebut Fenomena Femisida

Kompas.com - 11/05/2024, 12:07 WIB
Singgih Wiryono,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menilai peristiwa seorang istri dibunuh karena mengigau merupakan fenomena femisida atau pembunuhan seorang perempuan oleh laki-laki karena kebenciannya terhadap perempuan.

Komisioner Komnas Perempuan Rainy M Hutabarat mengatakan, banyak perempuan rentan menjadi korban femisida.

"Pembeda utama femisida dengan pembunuhan biasa adalah adanya motivasi gender. Umumnya femisida dilatarbelakangi oleh lebih dari satu motif," kata Rainy dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/5/2024).

Dia menyebutkan, beberapa motif yang kerap teridentifikasi yaitu cemburu, ketersinggungan maskulinitas, menolak bertanggungjawab, kekerasan seksual, menolak perceraian atau pemutusan hubungan.

Baca juga: Mengapa Bisa Mengigau Saat Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

"Motif-motif tersebut menggambarkan superioritas, dominasi, hegemoni, agresi maupun misogini terhadap perempuan serta rasa memiliki perempuan, ketimpangan relasi kuasa laki-laki terhadap perempuan. Termasuk dari kasus-kasus yang terjadi beberapa hari ini,” tuturnya.

Rainy juga menyebut, kasus femisida tidak hanya terjadi dalam kasus di Minahasa, tetapi juga kasus mutilasi istri di Ciamis, dan pembunuhan dalam koper yang ditemukan di Cikarang beberapa waktu belakangan.

Sebagai informasi, rentetan kasus pembunuhan perempuan yang memiliki hubungan intim dengan pembunuhnya semakin mencuat belakangan.

Kasus terbaru adalah pembunuhan RT (24) yang dibunuh suaminya berinisial RL (26) karena mengigau, Jumat (3/5/2024) lalu.

Baca juga: Ayah Diduga Bunuh 4 Anaknya di Jagakarsa, Komnas Perempuan: Bukti KDRT Berpotensi pada Femisida

Mendengar istrinya mengigau dengan mengucapkan "jangan pergi kerja di Bolsel" RL naik pitam dan menikam istrinya menggunakan pisau di dapur.

Ada juga kasus Tarsum (40) yang memotong-motong istrinya di halaman rumah dan sempat menawarkan daging istrinya ke tetangganya.

Pembunuhan sadis itu terjadi di Dusun Sindangjaya, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Ciamis, Jawa Barat pada Jumat (3/5/2024).

Kasus lainnya adalah wanita dalam koper yang ditemukan di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pembunuhan itu terjadi pada Kamis (24/4/2024) di sebuah hotel di Bandung, Jawa Barat. Pelaku AARN membunuh RN dengan pukulan hingga cekikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com