Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kemungkinan Bertemu PKB dan PDI-P, Jokowi: Semua Diundang

Kompas.com - 20/02/2024, 19:05 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan soal apakah dalam waktu dekat akan bertemu dengan pihak Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hal tersebut menyusul pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh baru-baru ini.

"Semua diundang," ujar Jokowi di Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (20/2/2024).

Sementara itu, saat ditanya lebih lanjut apakah juga akan bertemu dengan PDI Perjuangan (PDI-P), Presiden menyampaikan jawaban serupa.

"Semua diundang," tutur Jokowi.

Baca juga: Jokowi Enggan Komentari Perolehan Suara PSI

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara pada Minggu 18/2/2024) malam.

Presiden Jokowi mengaku dalam pertemuannya dengan Surya Paloh itu dirinya hanya bertindak sebagai penghubung atau jembatan untuk semua hal.

"Itu sebetulnya, saya itu sebetulnya hanya jadi jembatan," kata Jokowi, usai meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RS PPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI, di RSPPN, Jalan RC Veteran Raya, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).

Adapun urusan-urusan politik, ia serahkan seluruhnya kepada partai-partai politik di Tanah Air. Ia hanya ingin menjadi penghubung komunikasi terhadap semua hal.

Baca juga: Jokowi Sebut Perpres Publisher Rights untuk Ciptakan Jurnalisme Berkualitas

"Yang penting nanti partai-partai (yang mengurus). Saya ingin menjadi jembatan untuk semuanya. Urusan politik itu urusan partai," tutur Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi berujar, pertemuan itu adalah pertemuan politik biasa.

Mantan Wali Kota Solo ini menuturkan, pertemuan itu akan sangat bermanfaat bagi perpolitikan di Tanah Air.

Ia pun tidak ambil pusing terkait pihak mana yang meminta pertemuan itu terlebih dahulu, baik pihak Istana maupun Partai Nasdem.

"Saya kira dua-duanya enggak perlu, lah, siapa yang undang. Enggak perlu. Yang paling penting memang ada pertemuan dan itu akan sangat bermanfaat bagi perpolitikan kita, bagi negara kita," jelas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com