Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruhut Sitompul: Ada yang Mirip Capresnya, Ada yang karena Emosi "Mic"-nya Jatuh

Kompas.com - 22/12/2023, 23:17 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ruhut Sitompul meyakini debat calon wakil presiden (cawapres) perdana akan berdampak positif pada perolehan suara pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ia yakin hal ini membuat undecided voters atau mereka yang belum menentukan pilihan akan beralih memilih Ganjar-Mahfud dalam Pemilu 2024.

"Oh ya, undecided dan swing voters, saya yakin, mereka tahapan debat sampai selesai debat-debat berikutnya. Rencana daripada Ketua Umum kami Ibu Megawati Soekarnoputri, kemenangan hatrick, saya masih punya keyakinan, Pak Ganjar-Mahfud tetap akan menang satu putaran," kata Ruhut saat ditemui usai nonton bareng (nobar) debat cawapres di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Ganjar-Mahfud Siapkan 21 Program Unggulan Senilai Rp 2.500 T, Ini Daftarnya

Ruhut berpendapat, setelah debat cawapres hari ini, masyarakat semakin jernih memilih calon pemimpin.

Menurut dia, pasangan nomor urut 3 yang mampu mengendalikan diri dengan baik selama debat pertama dan kedua.

"Ibarat bola salju, snowball, makin banyak rakyat melihat, 'Oh memang, ini pasangan yang tidak jaim, dan lihat pengendalian dirinya baik sekali, begitu juga sebelumnya Pak Ganjar," ujar politikus PDI-P ini.

Sementara itu, melihat paslon lain, Ruhut menilai mereka tidak bisa mengendalikan emosi.


Untuk itu, dia berharap masyarakat bisa menentukan pilihan dengan baik, berkaca debat-debat yang sudah berlalu dan debat-debat selanjutnya.

"Kan kalau kita lihat yang lain, tingkat emosinya, ada yang satu dengan mimik gayanya ya mirip dengan calon presidennya, ada yang satu karena emosinya, jatuh mic-nya, haha, hal-hal seperti itu. Ya jadi memang saya mohon pilihlah yang terbaik, karena itu the best, pasangan Ganjar-Mahfud," kata Ruhut.

Baca juga: Ganjar-Mahfud Siapkan 21 Program Unggulan Senilai Rp 2.500 T, Ini Daftarnya

Debat Pilpres kedua akan dilangsungkan oleh tiga cawapres, pada Jumat 22 Desember malam di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Tema debat kali ini meliputi ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital, kemudian keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, lalu soal investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan.

Debat akan diikuti oleh tiga orang cawapres, yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com