Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Debat Cawapres, Mahfud Mengaku Tak Siapkan Apa-apa

Kompas.com - 14/12/2023, 17:23 WIB
Irfan Kamil,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD mengaku tidak melakukan persiapan khusus menghadapi debat cawapres yang bakal digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Jumat, 22 Desember 2023.

Adapun Mahfud bakal berdebat dengan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

“Saya ndak (tidak) menyiapkan apa-apa,” kata Mahfud saat ditemui di Hotel Arya Duta, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2023).

Meskipun tidak melakukan persiapan khusus, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) ini mengatakan, akan datang menghadapi debat sebagaimana yang dilakukan calon presiden (capres) yang digalar sebelumnya.

Baca juga: Kubu Anies Nilai Lawan Berat Debat Cawapres Cuma Mahfud, TKN: Gibran Pernah Debat di Pilwalkot Solo

Diketahui, KPU RI telah menggelar debat perdana capres antara Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo pada 12 Desember 2023.

“Pokoknya saya datang,” ujar Mahfud.

Berdasarkan keputusan KPU RI, capres mendapat porsi berdebat pada debat pertama, ketiga, dan kelima, yakni pada 12 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 10 Februari 2024.

Sementara itu, debat cawapres mendapat porsi pada debat kedua dan keempat, yakni pada tanggal 22 Desember 2023 dan 21 Januari 2024.

Berikut ini tema debat yang diangkat pada debat pertama hingga kelima:

  • Debat pertama: pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.
  • Debat kedua: ekonomi, ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta infrastruktur dan perkotaan.
  • Debat ketiga: pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.
  • Debat keempat: pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agararia, masyarakat adat, dan desa.
  • Debat kelima: kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Baca juga: Ganjar Yakin Mahfud Siap Berdebat Pekan Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com