Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 27 September Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 25/09/2023, 00:14 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 27 September 2023 jatuh pada hari Rabu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Bhakti Postel.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 27 September 2023.

Hari Bhakti Postel

Hari Bhakti Postel merupakan singkatan dari Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi. Hari ini dirayakan setiap tanggal 27 September.

Tanggal 27 September diambil karena pada tanggal 27 September 1945 terjadi pengambil alihan jawatan PTT oleh Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon di Bandung.

Golongan muda ini berupaya merebut dari kekuasaan pemerintahan Jepang dengan dikomandoi oleh anggota Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon, Soetoko.

Awalnya pendekatan dilakukan secara baik-baik melalui perundingan dengan pihak Jepang. Namun sayangnya gagal setelah tiga kali berunding. 

Setelah tiga hari berturut-turut diadakan perundingan dengan pihak Jepang dan terus gagal, Mas Soeharto dan R. Dijar mengadakan perundingan pada 27 September dengan Pimpinan Jepang di Kantor Pusat PTT. Hasilnya tetap gagal juga.

Oleh sebab itu Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon siap dengan senjatanya masing-masing dan sudah mengerahkan massa berkumpul di halaman selatan.

Soewarno dan pasukannya memasuki ruangan kantor yang dikuasai Jepang dan akhirnya terjadi penyerahan jawatan PTT. 

Baca juga: Tanggal 23 September Memperingati Hari Apa?

Hari Pariwisata Sedunia

Setiap tanggal 27 September dirayakan sebagai Hari Pariwisata Sedunia. 

Tidak diketahui kenapa tanggal 27 September yang dipilih. Namun Hari Pariwisata Sedunia ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya pariwisata yang mudah diakses di seluruh dunia.

Hari Pariwisata Sedunia merupakan hasil kesepakatan antara PBB dengan Organisasi Pariwisata Dunia (WTO). 

Melalui hari ini, WTO ingin memastikan bahwa perjalanan ke semua negara dapat diakses oleh semua orang, termasuk penyandang disabilitas dan masyarakat berpenghasilan rendah. 

Pada hari ini biasanya ada banyak diskon perjalanan baik transportasi maupun hotel. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com