Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 23 September Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 22/09/2023, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 23 September 2023 jatuh pada hari Sabtu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Maritim Nasional.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 23 September 2023.

Hari Maritim Nasional

Setiap tanggal 23 September dirayakan sebagai Hari Maritim Nasional.

Melansir dari laman resmi Kominfo, Hari Maritim Nasional yang jatuh pada tanggal 23 September ini didasarkan pada Musyawarah Nasional (Munas) Maritim 1 yang berlangsung pada 23 September 1963.

Melalui Munas tersebut, Presiden Soekarno akhirnya menerbitkan SK Nomor 249 tahun 1964 yang menetapkan tanggal 23 September sebagai Hari Maritim Nasional.

Sementara itu adanya peringatan Hari Maritim Nasional bermula ketika hadirnya Angkatan Laut yang dibentuk oleh Presiden Soekarno pada tahun 1953. 

Kementerian Maritim dan Investasi pun hadir untuk mengajak masyarakat Indonesia mengembalikan kejayaan maritim Indonesia sebagai Pusat Peradaban Maritim Dunia.

Dalam mewujudkan visi Indonesia tersebut, pembangunan nasional diarahkan pada pembangunan kemaritiman untuk Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim

Hari Bahasa Isyarat Internasional

Bahasa isyarat saat ini sudah menjadi bahasa yang universal. Kini diakui oleh banyak orang. 

Setiap tanggal 23 September diperingati sebagai Hari Bahasa Isyarat Internasional. 

Bahasa isyarat adalah bahasa visual yang menyampaikan pesan. Bahasa-bahasa ini telah digunakan oleh penyandang tunarungu sepanjang sejarah.

Meski begitu kini bahasa isyarat juga banyak dipelajari dan digunakan oleh orang normal pada umumnya.

Bahasa isyarat diciptakan untuk menerjemahkan kata-kata dari bahasa lisan ke bahasa isyarat. Penemu gerakannya bernama Pedro Ponce de Leon yang dianggap sebagai penemu alfabet manual pertama.

Hari Bahasa Isyarat pertama kali diadakan tanggal 23 September 2018. Tanggal tersebut dipilih karena menandai peringatan berdirinya Federasi Tuna Rungu Sedunia pada tahun 2018. 1951.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com