Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Balkon Fest, Gelaran Pesta Rakyat untuk Hidupkan Pariwisata Wringinputih, Borobudur

Kompas.com - 25/07/2023, 14:59 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menggelar Balkon Fest di Wringinputih, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (23/7/2023).

Acara itu digelar guna memeriahkankan wajah baru Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringinputih sekaligus meningkatkan peran serta masyarakat setempat dalam mendukung pariwisata daerah.

Salah satu acara yang diadakan adalah workshop ilmu digital bagi warga sekitar. Dengan mengikuti workshop ini, masyarakat diharapkan dapat mempelajari penggunaan media sosial (medsos) sebagai sarana promosi wisata Balkondes Wringinputih.

Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, peserta workshop merupakan anggota Forum Komunikasi Balkondes se-Borobudur serta pemuda-pemudi dari sekitar Wringinputih.

Baca juga: Sah, Pertamina dan Petronas Ambil Alih Blok Masela dari Shell

Workshop ini diharapkan dapat menambah wawasan generasi muda untuk lebih memahami ilmu digital sebagai sarana promosi dan pada akhirnya dapat mengembangkan Balkondes,” ujar Fadjar melalui keterangan persnya, Selasa (25/7/2023).

Gelaran pesta rakyat Balkon Fest di Wringinputih, Borobudur, Magelang.DOK. Pertamina Gelaran pesta rakyat Balkon Fest di Wringinputih, Borobudur, Magelang.

Masyarakat yang mengunjungi Balkon Fest juga bisa melihat berbagai produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang dipamerkan. Kategori produk sangatlah beragam, mulai dari makanan, kerajinan, hingga perhiasan dan aksesori.

Salah satu pemilik UMKM kupat tahu bernama Muhammad Saifuddin mengatakan, Balkon Fest merupakan ajang yang sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM seperti dirinya.

Pasalnya, lanjut dia, Balkon Fest membantu pelaku UMKM memasarkan produk-produk mereka ke masyarakat. Selain itu, ajang ini juga bisa memperluas pasar dan berdampak terhadap perekonomian daerah.

Baca juga: Sah! Pertamina dan Petronas Akuisisi 35 Persen Kepemilikan Shell di Blok Masela

"Masyarakat yang datang di Balkon Fest ramai. Banyak juga yang berminat pada kupat tahu, yang merupakan salah satu makanan tradisional. Ini tentu menambah omzet serta mengenalkan produk saya ke masyarakat. Terima kasih Pertamina untuk event ini, kami selaku UMKM sangat terbantu," kata Saifudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com