Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 15 Juni Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 13/06/2023, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 15 Juni 2023 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Penyalahgunaan Lansia Sedunia.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 15 Juni 2023.

Hari Kesadaran Penyalahgunaan Lansia Sedunia

Hari Kesadaran Penyalahgunaan Lansia Sedunia atau yang dikenal World Elder Abuse Awereness Day (WEAAD) dirayakan setiap tanggal 15 Juni tiap tahunnya.

Adanya hari ini diinisiasi oleh Jaringan Internasional untuk Pencegahan Penyalahgunaan Penatua dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 15 Juni 2006.

Hari ini bertujuan untuk memberikan kesadaran pada semua orang akan adanya bentuk pelecehan terhadap generasi yang lebih tua. Ironinya kasus itu masih banyak ditemukan sebagai masalah sosial.

WEAAD bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat di seluruh dunia untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang pelecehan yang diderita lansia.

Penelitian menunjukkan bahwa 4 hingga 6 persen lansia menderita semacam pelecehan, yang sebagian besar tidak dilaporkan. Untuk itu dengan adanya hari ini diharapkan bisa membuat status sosial lansia menjadi lebih dihormati dan juga dijaga martabatnya. 

Baca juga: Indonesia Akan Alami Peningkatan Lansia pada 2035-2040, Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Agent of Change

Hari Fotografi Alam Sedunia

Setiap tanggal 15 Juni tiap tahunnya juga dirayakan sebagai Hari Fotografi Alam Sedunia.

Meski banyak objek fotografi di dunia ini namun alam sebagai objek fotografi masih menjadi kesukaan banyak orang.

Keindahan alam yang mempesona menjadi daya pikat fotografer untuk mengabadikannya. Salah satu fotografi alam yang paling tua ditemukan yakni catatan Pliny the Younger tentang letusan Gunung Vesuvius yang menelan kota Romawi Kuno Pompeii pada tahun 79 M. 

Lalu pada tahun 1800-an, ilmuwan Charles Darwin menerbitkan teks penting “On the Origin of Species,” yang menceritakan teori evolusinya dan bukti ilmiahnya.

Hari Fotografi Alam Sedunia ditetapkan oleh Asosiasi Fotografi Alam Amerika Utara pada tahun 2006. Tujuannya untuk mendorong orang belajar dan menikmati keindahan alam melalui sebuah foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com