Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem Terbuka Jajaki Wacana Anies - Airlangga untuk Pilpres 2024

Kompas.com - 02/05/2023, 16:40 WIB
Tatang Guritno,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Effendi Choirie menyatakan pihaknya terbuka menjajaki wacana pemasangan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Ya wacana-wacana wakil presiden (wapres) dengan siapapun ya kita bicarakan, termasuk dengan Airlangga,” ujar Effendi pada Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

Ia mengungkapkan wacana tersebut memang pernah disinggung Partai Golkar dalam perbincangan dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Namun, Effendi tak enggan mengatakan secara detail siapa pihak yang membuka komunikasi tersebut.

Baca juga: Saat Surya Paloh Menari di Balik Koalisi Perubahan, Rangkul Golkar dan Wacana Anies-Airlangga

Saat ini, lanjut dia, Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) pun membuka ruang untuk semua pihak, apalagi cawapres Anies belum diputuskan.

“Koalisi Perubahan ini terbuka karena memang kita kepentingannya untuk Indonesia, bukan untuk partai tertentu atau kelompok tertentu,” ucap dia.

Effendi menuturkan, sejumlah figur tengah dipertimbangkan untuk menjadi pendamping Anies, seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher, bahkan dengan sejumlah figur dari Nahdlatul Ulama (NU).

“Bahkan wacana dengan Muhaimin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar), dengan Said Aqil, dengan Khofifah, semua terbuka,” imbuh dia.

Baca juga: PPP Ungkap Surya Paloh Tak Diajak Bertemu Jokowi karena Nasdem Dukung Anies Capres

Diketahui saat ini terjadi perbedaan pandangan di internal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dihuni oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Golkar terus mendorong agar Airlangga bisa maju sebagai calon presiden (capres), sedangkan PPP telah resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres seperti yang dilakukan oleh PDI-P. Di sisi lain, PAN ingin mendorong agar Erick Thohir bisa ikut dalam Pilpres 2024, setidaknya sebagai cawapres.

Airlangga sendiri telah melakukan pertemuan dengan AHY dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023).

Tak hanya itu, Airlangga juga sempat berbincang selama 1 jam dengan Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, 25 April 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com