Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Komisi Eropa, Jokowi: Hanya Satu Opsi Hadapi Tantangan, Kerja Sama

Kompas.com - 14/11/2022, 15:19 WIB
Ardito Ramadhan,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyatakan, kerja sama adalah satu-satunya opsi yang harus diambil oleh negara dalam menghadapi krisis yang sedang terjadi di dunia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Bali, Senin (14/11/2022).

"Hanya satu opsi untuk menangani tantangan tersebut yaitu bekerja sama dan saya berharap kerja sama antara Indonesia dan Uni Eropa dan ASEAN-Uni Eropa dapat terus ditingkatkan," kata Jokowi, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Jelang KTT G20, Jokowi dan Biden Bertemu Harapkan Kerja Sama Pemulihan Ekonomi Global

Jokowi pun mengaku senang dapat kembali bertemu dengan Ursula di tengah kondisi dunia yang semakin baik.

Ia terakhir bertemu dengan Ursula pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang diadakan di Elmau, Jerman, Juni 2022 lalu.

"Senang bisa bertemu kembali dengan Yang Mulia dalam kondisi dunia yang membaik sejak terakhir kita bertemu di Elmau," ujar Jokowi.

Pertemuan bilateral antara Jokowi dan Ursula berlangsung di sela-sela rangkaian KTT G20 yang akan dimulai pada Selasa (15/11/2022) besok.

Sebelum bertemu Ursula, Jokowi telah mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com