Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pimpin Rapat Bahas Pemanfaatan Lahan di Kawasan Hutan

Kompas.com - 26/02/2019, 12:02 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas membahas kebijakan pemanfaatan lahan di kawasan hutan, Selasa (26/2/2019).

Ketika membuka rapat, Presiden Jokowi menegaskan bahwa kebijakan pemanfaatan lahan di kawasan hutan sangat penting bagi masyarakat, khususnya rakyat kecil.

"Ini penting dalam rangka memberikan perlindungan hukum, terutama kepada rakyat yang memanfaatkan bidang tanah yang ada di kawasan hutan," ujar Presiden.

Baca juga: Soal Menagih Pengembalian Konsesi Lahan ke Negara, Siapa yang Disasar Jokowi?

Sebab, hingga saat ini, Presiden Jokowi masih mendapat laporan mengenai sulitnya rakyat yang hidup di kawasan hutan dalam mengelola lahan lantaran birokrasi izin yang berbelit-belit.

Presiden ingin rakyat yang tinggal di kawasan hutan tetap dapat memanfaatkan lahan secara produktif dan tidak merusak lingkungan agar memberikan nilai ekonomi bagi mereka sendiri.

Baca juga: Fahri Hamzah Tantang Jokowi Terbitkan Perppu Ambil Alih Konsesi Lahan Pengusaha

Hadir dalam rapat Wakil Presiden Jusuf Kalla dan tiga menteri koordinator, yakni Menteri Koordinator Ekonomi Darmin Nasution, Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto.

Menteri teknis yang hadir Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo dan Menteri Agraria Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com