Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Minta Kader Golkar Patuhi Ketua Umum, Apa Pun Kekurangannya

Kompas.com - 26/03/2018, 08:49 WIB
Abba Gabrillin,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi salah satu pembicara dalam acara Orientasi Fungsionaris Pusat Partai Golkar di Jakarta Pusat, Minggu (25/3/2018) malam. Luhut yang berpidato selama lebih kurang satu jam itu berpesan agar kader Golkar patuh pada ketua umum partai.

"Dukung ketua umum apa pun kekurangannya. Hanya ada dua jika diperintah, laksanakan dan amankan," kata Luhut yang disambut tepuk tangan para kader Golkar yang hadir.

Luhut meminta perpecahan di internal partai berlambang pohon beringin itu tak boleh terulang. Dia berpesan agar semua kader mendukung apa pun kebijakan yang ditetapkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Baca juga: Airlangga Jadi Cawapres, Jokowi Bilang Lihat Sendiri, Cocok Enggak?

Menurut Luhut, soliditas partai adalah salah satu kunci keberhasilan. Hal itu sangat memengaruhi elektabilitas partai menjelang pemilihan umum.

Luhut membandingkan data survei yang menunjukkan bahwa Partai Golkar angka elektabilitasnya masih di bawah PDI Perjuangan. Meski demikian, Golkar masih berada di urutan kedua dibandingkan dengan partai lain.

"Kita lihat, banyak kungfunya di Golkar itu. Semua ingin jadi pemimpin, pengin bertumbuk sana-sini. Kalau mau jadi ketua, ya, boleh, tetapi tunggu pemilihan mendatang, jangan sekarang," kata Luhut.

Kompas TV Saat ini, Jokowi adalah bakal calon petahana presiden yang akan berlaga di Pemilihan Presiden 2019.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com