Menelisik Pelimpahan Hak Asuh Anak Ahok dan Veronica Tan... - Kompas.com

Menelisik Pelimpahan Hak Asuh Anak Ahok dan Veronica Tan...

Kompas.com - 31/01/2018, 17:13 WIB
Basuki Tjahaja Purnama dan istrinya Veronica Tan di Istana Negara, Rabu (19/11/2014).KOMPAS.COM/SABRINA ASRIL Basuki Tjahaja Purnama dan istrinya Veronica Tan di Istana Negara, Rabu (19/11/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Persidangan gugatan cerai Basuki Tjahaja Purnama terhadap istrinya Veronica Tan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara telah dimulai, Rabu (31/1/2018).

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI ) Reza Indragiri Amriel menyoroti kuasa asuh anak keduanya.

"Memang yang paling merisaukan adalah nasib anak-anak mereka nantinya. Apalagi konon kabar yang ada, masing-masing pihak memperebutkan kuasa asuh anak," ujar Reza kepada Kompas.com, Senin.

Prinsipnya, hakim akan menilai kesiapan sekaligus kecakapan masing-masing pihak dalam hal menjalankan peran pengasuhan anak.

Baca juga : Rumah Tangga Ahok dan Veronica Bermasalah Sejak 7 Tahun Lalu

Salah satu yang pasti akan dinilai adalah tempat tinggal ayah atau ibu dalam menjalankan peran pengasuhan anak.

Soal ini, lanjut Reza, posisi Basuki atau yang akrab disapa Ahok kurang menguntungkan. Sebab, saat ini Ahok masih mendekam di penjara.

"Penjara tidak layak dihuni anak-anak. Itu karena penjara  dianggap sebagai tempat untuk kriminal yang tengah diasingkan dari masyarakat. Anak, di sisi  lain, adalah manusia suci  yang tidak sepantasnya dicemari oleh penjahat di hotel prodeo," ujar Reza.

Meski demikian, karena Ahok tidak dikurung di penjara umum, mungkin saja pihak berwenang menambah fasilitas di sana agar lebih eksklusif sehingga Ahok dan anak-anaknya bisa tinggal bersama, meski ini sulit dan kecil kemungkinannya.

Baca juga : Fifi: Gugatan Cerai Bukan Politik Tingkat Dewanya Ahok

Di lain pihak, posisi Veronica tidak serta-merta berada dalam posisi yang lebih kuat untuk mendapat hak anak. Pasalnya, hakim akan mengungkap alasan perceraian terjadi.

Oleh sebab itu, Reza berharap sidang perceraian Ahok dengan Veronica tetap berjalan dengan mengutamakan prinsip pemenuhan hak anak.

"Khusus tentang kuasa asuh, buatlah kesepakatan di luar persidangan. Meminjam perkataan Kak Seto, Ketum LPAI, 'Cobalah untuk tetap berteman, bermitra untuk urusan pengasuhan'," ujar Reza.

Kesepakatan seperti itu diharapkan akan lebih memuaskan Ahok dan Veronica. Yang terpenting, cara itu lebih memungkinkan akan terpenuhinya kepentingan terbaik anak-anak Ahok dan Veronica secara maksimal.

Kompas TV Perayaan Natal Ahok di Rutan Mako Brimob


EditorSabrina Asril
Komentar

Close Ads X