Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dedi Mulyadi Masuk Radar PKB untuk Pilgub Jabar - Kompas.com

Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dedi Mulyadi Masuk Radar PKB untuk Pilgub Jabar

Nabilla Tashandra
Kompas.com - 20/03/2017, 20:41 WIB
Kompas.com / Muhamad Syahri Romdhon Ridwan Kamil memberikan keterangan terkait kesiapannya menjadi salah satu calon Gubernur Jawa Barat pada pemilihan kepala daerah 2018 mendatang, di Unswagati, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (16/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) enggan terburu-buru dalam menentukan calon gubernur yang akan diusung pada Pilkada Jawa Barat 2018. Meski begitu, setidaknya ada tiga nama yang sudah dibidik, yakni Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

"RK, Dedi Mulyadi sama Deddy MIzwar. Itu muncul juga. Artinya dalam radar kami lah," ujar Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Dari ketiga nama itu, belum ada kecenderungan dukungan PKB akan mengarah kepada salah satunya. PKB, kata Daniel, masih akan melalui mekanisme survei untuk menentukan figur yang layak untuk didukung.

Survei tersebut, kata Daniel, belum kemungkinan dilaksanakan sekitar Agustus 2017 mendatang.

"Hasil survei menjadi pegangan utama," ucap Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu.

DPP PKB cenderung menyerahkan proses seleksi calon gubernur kepada pimpinan wilayah. Namun, ada sejumlah kriteria yang diharapkan PKB dari calon Gubernur Jabar yang akan diusungnya.

Pertama, calon gubernur tersebut harus mampub membawa kemaslahatan bagi publik, khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU) sebagai konstituen utama PKB.

"Kedua, harus punya keberpihakan kepada kelompok masyarakat menengah ke bawah," tuturnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisNabilla Tashandra
EditorSabrina Asril
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM