Ruki: KPK Tak Mungkin Bilang "Hei Tersangka, Jangan Praperadilan" - Kompas.com

Ruki: KPK Tak Mungkin Bilang "Hei Tersangka, Jangan Praperadilan"

Sabrina Asril
Kompas.com - 25/02/2015, 13:41 WIB
TRIBUN NEWS / DANY PERMANA Pelaksana tugas Ketua KPK Taufiequrachman Ruki (dua kanan) bersama Plt Komisioner KPK Johan Budi SP (dua kiri) bersiap memberikan keterangan pada wartawan usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/2/2015).


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi Taufiequrachman Ruki mengaku tidak bisa membendung gugatan praperadilan yang akan diajukan oleh para tersangka yang kasusnya ditangani KPK. Menurut dia, satu-satunya cara yang bisa dilakukan KPK adalah menghadapi gugatan itu di pengadilan.

"Kami tidak mungkin mengatakan kepada para tersangka, 'hei jangan praperadilan dong.' Nggak mungkin. Itu hak mereka, tidak ada jawaban bagi kami kecuali menghadapi di pengadilan," kata Ruki di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Ruki menyatakan, KPK akan menyiapkan semaksimal mungkin dalam melakukan pembelaan. KPK, lanjut dia, juga akan meminta bantuan pengacara yang memang memiliki kapasitas dalam menangani perkara praperadilan.

Saat ditanyakan soal sikap KPK dalam memeriksa tersangka yang mengajukan praperadilan, mantan perwira tinggi Polri itu menyatakan bahwa KPK harus menghormati proses hukum.

"Kami harus hormati pengadilan. Kalau ini disidang, maka kita harus out dulu," katanya.

Setelah gugatan praperadilan Komjen Budi Gunawan diterima oleh hakim Sarpin Rizaldi, tersangka Suryadharma Ali juga mengajukan gugatan praperadilan. Sarpin memutuskan bahwa penetapan tersangka Budi Gunawan oleh KPK tidak sah.

Suryadharma juga mempermasalahkan penetapannya sebagai tersangka oleh KPK. Mantan Menteri Agama itu juga mengikuti langkah Budi Gunawan yang menolak diperiksa hingga ada putusan praperadilan. (Baca: Seperti Langkah BG, Suryadharma Juga Tolak Hadiri Panggilan KPK)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSabrina Asril
EditorSandro Gatra
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM