Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipameri SBY Istana, Jokowi Paling Asyik Lihat Taman dan Burung

Kompas.com - 19/10/2014, 18:53 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Joko Widodo lebih banyak mengangguk dan tersenyum saat diajak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkeliling kompleks Istana Kepresidenan, Minggu (19/10/2014) sore.

Namun, ekspresi Jokowi berubah saat berjalan kaki bersama SBY menyusuri taman bundar yang terletak di tengah antara Istana Merdeka di bagian utara dan Istana Negara di bagian selatan.

Raut wajah Jokowi terlihat lebih tertarik. Dia lalu menunjuk ke arah pohon-pohon trembesi dan kicauan beraneka ragam burung yang ada di taman itu.

Presiden pun kemudian menjelaskan beberapa tanaman yang ada di kompleks itu. Lantaran asyiknya menikmati suasana taman, Jokowi dan SBY berhenti cukup lama sambil bercakap-cakap ringan.

Dalam acara keliling istana tersebut, Jokowi didampingi antara lain oleh Ketua Tim Transisi Rini Soemarno.

Adapun SBY didampingi beberapa menterinya, seperti Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamana Djoko Suyanto; Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Kapolri Jenderal Sutarman, dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

"Nah, pak Jokowi kalau tidak ada waktu atau susah cari tempat, bisa lari di sini. Lumayan olahraga," ungkap SBY yang kerap jogging pagi di kompleks Istana. Jokowi pun menyambutnya dengan tertawa khasnya yang menggerakkan pundak.

"Di sini juga banyak burung-burung pak," tunjuk SBY ke sebuah pohon yang tiba-tiba dikerumuni banyak burung, yang terbang berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon lain. 

Pada acara pengenalan kompleks istana kali ini, SBY menunjukkan Jokowi gedung Istana Merdeka yang biasa digunakan untuk menerima tamu-tamu negara, kantor presiden yang biasa digunakan untuk ruang sidang kabinet terbatas dan ruang sidang kabinet paripurna, dan juga Istana Negara yang menjadi tempat untuk pelantikan pejabat negara.

Pada Senin (20/10/2014), Jokowi akan menapakkan kaki untuk pertama kalinya ke istana sebagai Presiden Ketujuh RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com