Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Kecewa dengan Visi Misi Prabowo-Hatta soal Perempuan

Kompas.com - 01/06/2014, 19:50 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM — Aktivis perempuan, Ita Fatia Nadia, mengaku kecewa saat membaca visi dan misi yg disusun pasangan calon presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Dia menemukan, pasangan itu menganggap perempuan bagian dari kaum rentan kejahatan dan tindak kekerasan.

"Perempuan dianggap harus dilindungi secara efektif dan masuk kelompok rentan dan marjinal, bukan subyek yang punya kemandirian. Disamakan dengan masalah pemuda dan masalah sosial," kata Ita dalam diskusi di Jakarta, Minggu (1/6/2014).

Ita pun menyesalkan isu perempuan tidak ditempatkan dalam kategori khusus. Dalam visi misi tersebut, perlindungan terhadap perempuan dan anak berada dalam kategori upaya meningkatkan kualitas pembangunan. "Masa isu perempuan dimasukkan kategori sosial, agama, dan olahraga? Bukannya jadi elemen penting dalam proses pembangunan," katanya.

Menurut Ita, visi misi tersebut tidak menunjukkan perempuan sebagai sosok yang mandiri dan berdaulat. Dengan pemikiran seperti itu, lanjut dia, perempuan akan mudah menjadi obyek kekerasan. "Saya sangat prihatin karena nanti perempuan akan jadi bagian pembangunan dan politik maskulinitas yang sangat kental di sini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com