Sabtu, 30 Agustus 2014

News / Nasional

Bolehkah Zakat Harta Diberikan ke Saudara Kandung?

Selasa, 21 Agustus 2012 | 16:21 WIB

Terkait

Pertanyaan:

Bolehkah zakat harta diberikan kepada saudara kandung yang miskin?

Maya di Manado

Jawaban:

Waalaikumsalam wr wb.

Saudara Maya,

Zakat diberikan kepada yang berhak menerimanya dari kedelapan kelompok yang disebut dalam Alquran surat at-Taubah [6]:90 yaitu untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.

Jika memang saudara kandung termasuk ke dalam 8 golongan yang disebut dalam Al Quran, maka diperbolehkan untuk mendapat zakat dari Anda. Sebab saudara kandung bukan termasuk keluarga yang ditanggung kebutuhan hidupnya, maka ia termasuk yang berhak menerima zakat.

Selain itu dapat dikatakan bahwa memberikan bantuan kepada keluarga termasuk saudara kandung lebih baik daripada memberi kepada orang lain yang bukan kerabat. Al Aqrabun Aula bil Ma'ruif (kerabat lebih utama untuk diberi bantuan), demikian sabda Nabi SAW. Demikian Wa Allah A'lam

DR H Setiawan Budi Utomo

Anda dapat berkonsultasi seputar Ramadhan kepada DR H Setiawan Budi Utomo di sini. Anda juga dapat membaca pertanyaan dan jawaban yang telah ditayangkan di liputan khusus Ramadhan 2012.

 

 


Editor : Hindra